Lawan Covid-19, Pemerintah Disokong 1,7 Juta Relawan Desa

JAKARTA- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengatakan jumlah relawan desa tanggap Covid-19 ini sudah mencapai 1.743.343 orang.

”Jika penanganan pandemi Covid-19 difokuskan di desa dengan penguatan Physical Distancing kemudian ketahanan imunitas dan New Normal maka diyakini bakal berdampak signifikan terhadap penyelesaian Covid-19 di tingkat nasional,” ujar Mendes PDTT.

Sampai saat ini, Mendes PDTT sampaikan bahwa dana desa sudah dipakai untuk desa tanggap Covid-19 atau Relawan Desa Lawan Covid-19 mencapai Rp2,59 Triliun.

”Ini relatif kecil dengan jumlah desa 74.953,” kata Mendes PDTT.

Hal ini, menurut Abdul Halim, menujukkan penanganan Covid-19 di tingkat desa cukup efisien dan efektif karena skalanya kecil.

”Pemetaannya tidak terlalu kompleks, zonasinya mudah dicermati secara lebih massif. Fokusnya tidak lagi bicara wilayah tapi bisa bicara orang atau warga,” sambung Mendes PDTT.

Untuk itu, Abdul Halim yakin penanganan Covid-19 akan lebih bagus lagi nantinya.

”Misalnya nanti, Pemerintah sudah mengambil langkah-langkah yang kondusif, konstruktif kemudian langkah pemulihan akan sangat bagus jika difokuskan di desa,” ungkap Mendes PDTT. (red/69)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *