Lapangan Tenis Outdoor Dibangun Berstandar Internasional

MAGELANG, Suaramerdeka.news – Pemkot Magelang membangun kembali lapangan tenis di kompleks Sport Center (SC) Sanden, Kelurahan Kramat Selatan. Meski lapangan tenis indoor yang sudah dibangun sejak 2018 lalu masih dalam tahap penyelesaian di tahun 2019 ini.

Sawah dengan luas sekitar 7.000 m2 pun diubah menjadi lapangan tenis outdoor berstandar internasional itu. Lapangan ini akan dibuat sebanyak empat line, lebih banyak dari lapangan indoor yang hanya dua line.

“Proses pembangunan dimulai tahap treatment tanah. Lapangannya nanti memakai lapisan fleksi yang berstandar internasional,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Magelang, Yonas Nusantrawan Bolla di kantornya, Selasa (30/7).

Dia menuturkan area persawahan sisi selatan GOR Samapta dan lapangan tenis indoor memang menjadi pilihan utama. Hal ini mengingat tidak ada lagi lahan yang bisa digunakan di area SC Sanden kecuali area persawahan tersebut.

“Sesuai surat perintah mulai kerja (SPMK), pembangunan lapangan tenis outdoor ini selesai pada 12 Desember mendatang. Nilai kontraknya Rp 5.839.569.000 dari APBD dengan kontraktor PT Daya Samudra Cipta Mandiri dari Banjarnegara,” katanya.

Kabid Cipta Karya DPU-PR Kota Magelang, Puji Hartono menambahkan, di area lapangan tenis outdoor dilengkapi sarana prasarana untuk ruang ganti dan toilet. Lapangan pun terlindungi dengan pagar pembatas yang sesuai dengan standar olahraga tenis.

“Untuk penonton, kita sediakan areanya berbentuk selasar. Memang tidak berbentuk tribun, karena dapat memakan biaya yang mahal. Bentuk selasar saja sudah cukup untuk dapat menikmati pertandingan tenis di dalamnya,” jelasnya.

Terkait pembangunan lapangan tenis indoor, Puji menyebutkan, tahun 2019 ini merupakan tahap kedua atau finishing. Di tahap ini, dana sebesar Rp 5.054.565.000 digelontorkan untuk dapat menyelesaikannya hingga sebelum akhir tahun 2019.

“Tahap finishing ini digarap oleh PT Satria Mas Karya Tama dari Semarang. Lapangan juga berstandar internasional, agar dapat digunakan untuk segala pertandingan dari level lokal hingga internasional,” paparnya.(H88-36)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *