Kwikku, Memajukan Literasi.

Media Sosial Karya Anak Bangsa.

Jakarta, Suaramerdeka.News
Media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern, terutama para generasi milenial dan Gen-Z. Via aplikasi berbasis internet tersebut, generasi muda bisa berbagi konten, berkomunikasi secara cepat, serta mengembangkan kreativitas mereka baik melalui berbagai kolaborasi ataupun secara individu.

Meski, beberapa penelitian menunjukkan kalau penggunaan media sosial cenderung menimbulkan beberapa dampak negatif. Di antaranya adalah menurunnya minat baca.

Padahal kegiatan membaca dapat memengaruhi kemampuan seseorang dalam memahami informasi dan berpikir kritis. Karenanya, Kwikku hadir untuk menjadi sebuah platform media sosial yang menunjang kebutuhan bacaan para milenial dan Gen Z.

Kwikku merupakan platform media sosial yang diinisiasi pada 26 September 2013 oleh para mahasiswa di Malang. Awalnya, Kwikku dirancang Hamdi Musaad dan tim, untuk bisa menciptakan aplikasi digital yang bisa bersaing dan dibanggakan anak negeri.

Sejak 2019, aplikasi ini kemudian dikembangkan untuk memfasilitasi kebutuhan literasi para generasi milenial dan Gen-Z.

Ada empat fitur baru yang bisa diakses para pengguna mulai 23 April 2020.Media Sosia

Media Sosial.

Sebagai fitur awal dan bagian terpenting dari platform ini, Media Sosial Kwikku bisa menjadi tempat “pertemuan” generasi milenial dan Gen-Z. Lewat fitur ini juga, para pengguna bisa terhubung satu sama lain dan bisa berkomunikasi serta bertukar informasi.

Novel
Mereka yang sedang membutuhkan bacaan menarik bisa melihat fitur baru Kwikku ini. Bekerja sama dengan para penerbit besar, seperti Mizan Publishing, Noura Publishing, Bentang Pustaka, Melvana Group, dan Falcon Publishing, fitur ini dijamin bisa membunuh rasa bosan para pencinta novel.

Selain itu, via fitur Novel, Kwikku juga membuka peluang yang sangat besar kepada para penulis untuk menuangkan bakatnya dan mendapatkan penghasilan dari tulisan mereka. Untuk penulis baru tidak perlu takut mengunggah naskahnya ke platform Kwikku, karena akan ada editor khusus yang membantu dalam proses penulisan novel barunya.

Webtoon
Selain novel, ada juga cerita seru di fitur Webtoon. Ada banyak komik digital yang bisa diakses para pengguna setiap harinya, baik dari kreator lokal maupun luar negeri.

Sama seperti fitur Novel, Webtoon Kwikku juga menyediakan fasilitas bagi para kreator muda yang ingin menunjukkan karyanya dan menghasilkan uang.

KNOW (Kwikku Now)
Melalui fitur ini para pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi menarik yang sedang viral. Tak perlu khawatir soal kebenaran atau validitas beritanya, karena setiap berita dan artikel bersumber dari official media partner yang telah bekerja sama dengan Kwikku.

Bacaan dalam fitur Novel dan Webtoon di Kwikku dapat diakses secara GRATIS, kecuali untuk judul-judul dalam section pay for no delay dan premium.

Pembelian judul-judul dalam section tersebut pun bisa dilakukan dengan sangat mudah. Cukup membayar dengan menggunakan dompet digital via Gopay, Ovo, Dana, dan Link Aja!

Kompetisi #BerkaryaDiRumahAja.

Selain melalui keempat fitur tersebut, Kwikku juga ingin memantik semangat para generasi muda untuk berkarya melalui Kompetisi Novel dan Webtoon dengan mengusung tema #BerkaryaDiRumahAja.

Total hadiah yang disediakan dalam kompetisi ini adalah Rp 500.000.000.

Kompetisi ini didukung para juri yang sangat mumpuni. Ada para penulis bestseller, seperti A.Fuadi, Dee Lestari, Faradita, Bayu Permana, Luluk Hf yang siap untuk memberikan penilaian dalam kompetisi novel.

Sementara di kategori Webtoon kreator muda berbakat seperti Faza Meonk, Sweta Kartika, HelloDitta hingga para komikus legendaris seperti Gerdi WK dan Lan Kelana siap memberikan penilaian mereka.

Dengan keempat fitur jagoannya dan kompetisi inilah, Kwikku berharap bisa membantu mewujudkan budaya membaca yang baru, sehingga mendorong kemajuan literasi negeri.

Kwikku dapat diakses melalui website www.Kwikku.com atau dengan mengunduh aplikasi Kwikku di Playstore secara gratis. (Bb-69).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *