Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia, Himpun 4 Miliar Rupiah.

Jakarta, Suaramerdeka.News – Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia yang digelar oleh praktisi di dunia kreatif, musik, film, media, event, berhasil mengumpulkan Donasi sebesar Rp 4.172.688.045.

Konser yang dihelat beberapa waktu lalu, hasil donasinya akan didistribusikan ke pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak COVID-19.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) (Kemenparekraf/Baparekraf) Rizki Handayani dalam pernyataannya menjelaskan, konser bertujuan untuk memberikan semangat inspirasi sekaligus menggalang dana bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak COVID-19.

“Dari konser berdurasi sekitar 2 jam yang sukses digelar, dana yang terkumpul telah disalurkan bagi mereka yang membutuhkan khususnya di sektor parekraf,” kata Rizki Handayani di Jakarta.

Konser tersebut disiarkan beberapa televisi swasta nasional serta dimeriahkan puluhan artis, musisi, serta insan kreatif Indonesia.

Rizki menjelaskan, donasi yang terkumpul dari masyarakat dan sponsor diantaranya MNC Peduli, Bank Mandiri, Tokopedia, Grab, Sasa, dan Indomie, akan disalurkan secara bertahap.

Pada tahap pertama dana yang akan disalurkan sebanyak Rp1.955.492.201 ditranfer langsung dari rekening KitaBisa.com dan BenihBaik.com ke rekening asosiasi penerima donasi. Untuk tahap selanjutnya, Komunitas Bersama Jaga Indonesia akan mendistribusikan dana yang tersisa kepada komunitas yang sudah menyerahkan kelengkapan dokumennya.

“Donasi yang diberikan diharapkan mampu membantu serta mengurangi dampak negatif COVID-19 terhadap para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air, dan memberikan angin segar di tengah pandemi yang sedang melanda negeri ini,” katanya.

Asosiasi dan pelaku parekraf yang menerima donasi tersebut diantaranya Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Asosiasi Spa Terapis Indonesia (ASTI), Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI), Indonesia Tour Leader Association (ITLA) Perkumpulan Usaha Wisata Selam Indonesia (PUWSI), Jogja Festival dan Backstagers.

Selain itu Badan Perfilman Indonesia (BPI), Indonesian Contemporary Art & Design ( ICAD ), Ikatan Pecinta Batik Nusantara, Ikatan Manajer Artis Indonesia ( Imarindo ), Indonesia Event Industry Council (Ivendo), Institut Musik Jalanan (IMJ), Persatuan Artis Penyanyi , Pencipta Lagu dan Pemusi Republik Indonesia (PAPPRI ) Rumah Sanur, Spedagi, Teater Salihara, Yayasan Rumah Beta Timur, Asosiasi Disain Grafis Indonesia (ADGI) Rumah Sakit di Papua seperti RSUD Merauke, RSUD Manokwari, Puskesmas Sanggeng, Papua, RSUD Biak Papua, dan RSUD Jayapura. (Bb-39).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *