KONI DIY Ajak Jateng jadi Tuan Rumah Bersama PON

YOGYAKARTA- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIY) membidik menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON). Meski untuk menjadi tuan rumah pesta olahraga multieven tingkat nasional masih edisi ke XXII pada 2028 mendatang, namun KONI DIY cukup serius. Salah satunya dengan bakal menggandeng KONI Jateng.

“Kami serius menjadi tuan rumah PON pada 2028 nanti. Peluangnya terbuka,” imbuh Ketua Umum KONI DIY Djoko Pekik Irianto, kemarin.

Menurut Djoko, peluang menjadi tuan rumah terbuka setelah adanya perubahan Peraturan Pemerintah No.17 tahun 2007 tentang PON. Pada aturan itu dijelaskan bahwa saat ini tuan rumah diperbolehkan lebih dari satu provinsi atau disebut tuan rumah bersama.

“Peluang DIY untuk menjadi tuan rumah akan sangat terbuka karena adanya aturan baru tersebut. Terlebih, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X beberapa waktu lalu sempat mewacanakan agar DIY menjadi tuan rumah PON. Apabila terealisasi, kami akan menggandeng Jawa Tengah untuk maju dalam bidding pencalonan tuan rumah PON,” jelasnya.

Dikatakan Djoko Pekik, saat ini dari sisi sarana dan prasarana dinilai sudah cukup memadahi. Baik untuk venue pertandingan, akomodasi kontingen hingga sumber daya manusia.

“Kalau benar-benar disepakati dan maju bidding nanti tinggal dibagi cabor (cabang olahraga) ini main di DIY, cabor itu main di Jateng. Sesuai ketersediaan fasilitas yang memenuhi standar nasional maupun internasional,” papar mantan Deputi III Kementerian Pemuda dan Olahraga itu.

Sejauh ini, imbuh Djoko, pihaknya secara informal telah menjalin komunikasi dengan Ketum KONI Jateng. Komunikasi informal dapat dilanjutkan menjadi formal jika keinginan tersebut mendapat persetujuan dari Pemerintah Daerah (Pemda) DIY.

“Tentu komunikasi intens terus kami jalin,” imbuh pria yang juga dosen di Universitas Negeri Yogyakarta itu.

Terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) DIY Bambang Wisnu Handoyo menambahkan DIY dinilai sudah layak menjadi calon tuan rumah PON apabila nantinya sukses menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia FIFA U-20 pada 2021 mendatang.

“Ya, jika dari kesiapan akomodasi, transportasi, hingga sumber daya manusia bisa sukses. Provinsi DIY mungkin akan siap untuk menjadi tuan rumah even lain,” tandas Bambang. (K15)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *