Kemenristek/BRIN Dorong IPB Hilirisasi dan Kembangkan Riset Jadi Bentuk Inovasi

BOGOR-Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) memberikan dukungan terhadap kegiatan riset dan inovasi yang dihasilkan Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui berbagai bentuk yang terkait dengan riset dasar melalui hibah bersaing dalam rangka mendorong riset yang sudah dikembangkan IPB agar dapat dihilirisasi dan dikembangkan sifatnya dari invensi menjadi inovasi.

“Dukungan dari Kemenristek/BRIN terhadap kegiatan riset dan inovasi yang dihasilkan oleh IPB sudah berlangsung cukup lama, dukungannya adalah melalui pendanaan atau hibah agar IPB bisa menggaet industri untuk mulai menghilirkan hasil-hasil dari riset terapan yang sudah dilakukan dan kemudian menyesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan industri,” ujar Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Ka. BRIN) Bambang P. S. Brodjonegoro.

Dengan begitu, diharapkan para ilmuwan (scientist) bisa mengembangkan berbagai cabang keilmuan sesuai dengan eksplorasi yang mereka kembangkan. 

Ia juga berharap kedepan IPB yang memang mempunyai keunggulan dalam bidang pertanian yang produknya luar biasa banyak semakin bisa mengembangkan riset dasarnya dan juga bisa melakukan hilirisasi sampai akhirnya muncul dalam bentuk inovasi yaitu turunan atau nilai tambah dari keanekaragaman sumber daya hayati kita. 

“Sebagai salah satu institusi pendidikan yang usianya cukup panjang dan terkemuka di bidang pertanian, IPB sudah memberikan banyak kontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara, khususnya tidak hanya di sektor pertanian yang memang menjadi keunggulan IPB,” jelasnya.

Tetapi, lanjut Bambang, juga pengembangan dari sektor pertanian itu sendiri, baik dalam penciptaan nilai tambah dari produk pertanian maupun dari agroindustri yang saat ini menjadi andalan bagi perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, tentunya dengan memanfaatkan teknologi yang mutakhir dan temuan terkini dalam konteks revolusi industri 4.0.

“Kami harapkan civitas akademika IPB khususnya para dosen, peneliti dan juga mahasiswa bisa terus mengembangkan sektor pertanian di Indonesia, sehingga tetap menjadi sektor yang memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekaligus mempunyai produktifitas yang tinggi dan memberikan kontribusi besar bagi perekonomian nasional,” tambahnya. (nya/69)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *