Kemah Karakter Siswa SMPN 1 Salatiga di Yonkav

AMBARAWA – Teknik pembentukan dan pembinaan karakter siswa dapat dilaksanakan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan kegiatan kemah karakter, seperti yang dilaksanakan SMPN 1 Salatiga (Grissa) di Batalyon Kavaleri (Yonkav) Ambarawa.
Kepala SMPN 1 Salatiga, Hariyati SPd MPd menjelaskan, pihaknya sengaja memilik kegiatan pembentukkan karakter siswa dengan model kemah karakter, bekerja sama dengan Batalyon Kavaleri Ambarawa. Ada nuansa lain dengan keterlibatan militer (personel TNI AD) untuk membantu guru dalam rangka pembentukan karakter siswa. ”Dengan kegiatan ini diharapkan siswa bisa belajar atau transfer pengetahuan, dari personel TNI tentang kedisiplinan, semangat belajar, pembentukan fisik, pantang menyerah, dan cinta Tanah Air, serta lainnya,” kata Hariyati, Senin (2/12).
Menurutnya, kegiatan itu bernuansa serius tapi santai (sersan) dan diselingi dengan hiburan, untuk menciptakan suasana gembira. Para siswa kelas 7 dan 8 itu, juga dikenalkan dengan kehidupan keseharian prajurit TNI, baik saat melaksanakan tugas di medan operasi atau ketika sedang latihan. Siswa juga dikenalkan dengan berbagai peralatan tempur milik Batalyon Kavaleri Ambarawa seperti tank, persenjataan, dan lainnya.
Hariyati mengungkapkan, siswa SMPN 1 Salatiga harus mampu mengembangkan kemampuan akademik yang dimilikinya, dipadukan dengan pendidikan karakter yang baik. Perpaduan kemampuan akademik dan pendidikan karakter akan menghasilkan siswa hebat, seperti harapan orang tua. Dijelaskannya kegiatan itu merupakan bagian dari Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yakni gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik/iman dan takwa), olah rasa (estetis/integritas moral), olah pikir (literasi/keunggulan akademik), dan olah raga (kinestetik/sehat). Hal itu didukungan pelibatan publik dan kerja sama antarasekolah, keluarga, dan masyarakat. Gerakan PPK merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). (H2-68)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *