Kekosongan Enam Jabatan di Pemkot Terisi

SALATIGA – Enam pejabat eselon II di lingkungan Pemkot Salatiga yang sebelumnya kosong, kini sudah terisi. Enam pejabat baru yang mengisi kekosongan jabatan itu, telah dilantik oleh Wali Kota Yuliyanto, pekan lalu.

Upacara pengambilan sumpah dan janji jabatan dan pelantikan tersebut dilaksanakan di aula Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Salatiga, pekan lalu.

Adapun pejabat yang dilantik yaitu Ardiyantara mengisi posisi Asisten Administrasi Umum Sekda, Henni Mulyani (Staf Ahli Wali Kota Bidang Hukum dan Pemerintahan), Nunuk Dartini (Kepala Dinas Pertanian), Kusumo Aji (Kepala Dinas Perdagangan), Eny Endang Surtiani (Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman), dan Budi Prasetiyono (Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja).

Wali Kota Yuliyanto mereka yang dilantik merupakan pejabat baru yang telah mengikuti seleksi pengisian Pejabat Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama secara terbuka. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri PANRB Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama melalui Seleksi Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Proses seleksi ini harus dilewati. Tak hanya untuk menjalankan prosedur perundang-undangan, tetapi juga supaya tercipta penyelenggaraan seleksi calon Pejabat JPT Pratama yang transparan, objektif, kompetitif dan akuntabel. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Pemkot Salatiga, terutama misi yang kesembilan, yakni mewujudkan tatakelola pemerintahan yang baik (good governance),” ujar Yuliyanto.

Kepada para pejabat yang dilantik, wali kota berpesan agar segera bekerja dan membuat langkah-langkah strategis, sesuai dengan bidang masing-masing. Ia optimistis pejabat baru dapat segera menyesuaikan diri, karena kesemuanya merupakan pejabat yang cukup senior di Pemkot Salatiga.

“Silakan lakukan koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi, baik secara internal maupun eksternal untuk meningkatkan soliditas dan memperlancar pelaksanaan tugas,” imbuh dia. (H32-48,58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *