Jokowi: Gibran Kesulitan Cari Partai, Saya Nggak Bantu

JAKARTA- Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, memutuskan maju di pemilihan wali kota Solo pada 2020 ini. Gibran sudah mendaftar, dan sudah resmi masuk menjadi anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Presiden Jokowi mengakui saat ini Gibran kesusahan mencari dukungan partai politik. Memang hingga kini, belum ada putusan baik dari PDIP atau partai lain akan mengusung siapa.

“Cari partai kesulitan. Saya nggak bantu. Di situ kalau nggak di partai ya nggak maju,” kata Jokowi, dalam diskusi dengan wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Jumat 17 Januari 2020.

Selain Gibran, menantu Jokowi yakni M. Bobby Nasution juga maju di pilkada yakni pemilu wali kota Medan, Sumatera Utara. Di mana suami Kahiyang Ayu itu berasal. Namun sama dengan Gibran, juga belum ada partai yang memutuskan menggandeng putra dan menantu orang nomor satu di Indonesia itu.

Dalam undang-undang, diperbolehkan maju melalui jalur independen. Namun ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan seperti mampu mengumpulkan KTP dengan jumlah tertentu.

Meski ada peluang independen jika tidak diusung oleh partai politik, Jokowi memberi sinyal penolakan. Mengingat proses politik jika nanti sudah menjadi pemimpin daerah, harus bisa melobi DPRD yang diisi perwakilan partai.

“Independen bisa saja tapi bekerja apapun approval DPRD, yang itu ada fraksi-fraksi dari partai,” katanya. (vvn/69)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *