Jokowi Belum Pikirkan Reshuffle

JAKARTA  -Presiden Joko Widodo menegaskan, hingga saat ini belum berpikir apalagi berencana melakukan perombakan atau reshuffle menteri yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju.

”Sampai detik ini, saya dan pak wapres belum berpikir ke sana,” ujarnya usai menghadiri laporan tahunan Mahkamah Agung, di JCC, Jakarta, Rabu (26/2).

Menurut Presiden, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju saat ini masih perlu beradaptasi dalam bekerja.

Karena itu, masyarakat diminta agar memaklumi terlebih dahulu jika kinerja mereka masih belum sesuai harapan. Kendati demikian, Jokowi memastikan akan mengganti menteri jika terus menerus tidak bisa beradaptasi dan bekerja dengan baik.

Sebab, untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia, para menteri Kabinet Indonesia Maju harus mampu beradaptasi dan bekerja sesuai dengan program di masing-masing kementeriannya dengan cepat.

”Saat ini belum ada rencana. Tapi, semua anggota kabinet saya perintahkan untuk fokus terhadap fungsi kementeriannya masing-masing dan segera dapat beradaptasi,” tambah Jokowi.

Pengamat politik dari Lembaga Survei Kedai Kopi, Hendri Satrio mengatakan, sebenarnya tidak jadi soal jika Presiden Joko Widodo merombak kabinetnya sebelum sepuluh bulan di periode kedua.

Ini mengacu reshuffle yang dilakukan Jokowi di periode pertama 2014-2019 yang baru dilakukan setelah bulan ke-10 pemerintahan berjalan.

Dia menyatakan, Presiden tidak perlu menunggu waktu yang sama jika memang ada hal yang perlu diperbaiki dalam Kabinet Indonesia Maju.

”Presiden kalau memang sudah punya evaluasi, lalu mau diputar, mau direshuffle sangat bisa. Tidak harus menunggu bulan ke-10, lebih cepat, ya, nggak apa apa juga,” ucapnya.

Hendri menilai, sejak awal ada beberapa pos menteri yang seperti diujicobakan oleh Jokowi. Karena itu, merupakan hal yang wajar jika dilakukan evaluasi oleh Jokowi. Dirinya yakin, jika nanti terjadi perombakan kabinet, bukan karena Presiden mengikuti keinginan relawan.

”Saya yakin Jokowi tidak akan melakukan reshuffle hanya karena menuruti relawan. Itu karena keputusannya sendiri,” ucapnya. (J22,H28-64)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *