Jalan Protokol Ditutup

-Batasi Mobilitas Warga

SEMARANG – Sebanyak lima jalan protokol di Kota Semarang, akan ditutup, pukul 18.00-06.00, mulai Minggu (29/3) hingga sepekan ke depan. Hal itu untuk meminimalisasi penyebaran virus Covid-19 atau korona serta menyadarkan masyarakat agar tetap di rumah saja.

Ruas Jalan itu, Jalan Pandanaran mulai Tugumuda hingga Simpanglima, Jalan Pemuda mulai dari Paragon Mall hingga Tugumuda. Kemudian Jalan Gajahmada mulai Simpanglima hingga Simpang Gendingan. Jalan Pahlawan dari Simpanglima hingga air mancur. Serta Jalan A Yani dari Simpanglima hingga Simpang Kantor RRI.

Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi mengatakan, ini hasil kesepakatan dengan Pemerintah Kota Semarang. Penutupan dimulai Minggu (29/3). Yuswanto menjelaskan upaya tersebut untuk menyadarkan masyarakat supaya tetap di rumah selama masa pandemi Korona ini.

”Ini sebagai langkah awal upaya pemerintah untuk mulai membiasakan masyakat, agar berdiam diri di rumah. Ini untuk meminimalisasi penyebaran covid-19,” imbuhnya.

Namun, akses prioritas tetap diberlakukan untuk pelayanan masyarakat seperti ambulans, pemadam kebakaran, dan lainnya. Kemudian akses prioritas pada tim medis, kepada petugas TNI Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban, pemadam dan lainnya yang betugas melayani masyarakat.

Sementara itu, Wali Kota Hendrar Prihadi menuturkan, berbagai upaya telah kami tempuh untuk menekan wabah korona. Seperti imbauan untuk mengatur jarak dan jangan pergi ke mana-mana, bila memang tidak penting. Namun, masih saja ada warga yang jalan-jalan.

”Karena itu, kami menutup jalan. Selama sepekan ke depan akan dievaluasi. Bila memang masih ada yang membandel, jalan-jalan. Jalan-jalan protokol tersebut akan kami akan tutup 24 jam,” tambah wali kota, yang akrab disapa Hendi itu.

Tak hanya itu, Hendi juga mengungkapkan juga memangkas jam operasional BRT Trans Semarang hingga hanya dari pukul 6.00 sampai 15.00. Biasanya hingga pukul 18.00. Pemberlakuan itu dimulai Senin (30/3). Ini untuk membatasi aktivitas warga berpergian. (K44,K18-42,58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *