Jagung Hibrida Jadi Alternatif Komoditas Tani

PURWOREJO, Suaramerdeka.news – Untuk meningkatkan hasil panen, sejumlah inovasi harus dilakukan oleh petani. Termasuk dalam memilih bibit. Pasalnya, dengan bibit yang unggul, petani bisa mendapatkan hasil yang lebih banyak dan lebih menguntungkan.

Seperti yang dilakukan oleh Kelompok Tani (Poktan) Anggas Mulyo Desa Banyuasin Separe Kecamatan Loano. Mereka mencoba menanam jagung jenis hibrida, yang konon dapat membuahkan hasil yang cukup lumayan dibandingkan dengan bibit jagung biasa.

“Keistimewaan dalam penanaman jagung hibrida ini yaitu hemat dari tenaga kerja, hemat dari pupuk, dan prosentase hasilnya, diperkirakan dalam satu hektar itu mencapai hitungan ton,” kata pendamping Poktan Anggas Mulyo, Basuki, Kamis (8/8).

Meski demikian, kata Basuki, hasil panen setiap jenis tanaman tetap dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya perawatan, kesuburan tanah, dan ketelitian serta ketelatenan petani dalam merawat tanaman jagung tersebut.

“Soal hasi tetap banyak faktor yang menentukan. Namun, jika nantinya ini berhasil, langkat menanam jagung hibrida ini kan dapat menjadi contoh bagi petani lain, terutama di wilayah yang sedikit air, karena tanaman jagung tidak butuh banyak air,” katanya.

Ikut memberikan penjelasan, Plt. Koordinator Dinas Pertanian Kecamatan Loano, Febtory Setyo Harsanti menyampaikan, penaman jagung hibrida ini sudah dilengkapi dengan petunjuk teknis. Jika semua dilakukan sesuai petunjukan, menurutnya akan membuahkan hasil yang maksimal.

“Untuk lahan 1 hektar itu bisa mendapatkan 9 ton jagung dan dalam 1 hektar itu membutuhkan 15 kg bibit jagung,” ungkapnya.

Febtory juga mengatakan, bibit jagung yang diolah secara maksimal atau mengikuti prosedur prosedur teknis dalam satu hektarnya bisa mencapai 6 ton dan membutuhkan bibit cuman 15 kilo gram.

“Dalam satu hektar tanah yang ditanami jagung membutuhkan pupuk Urea dan Phonska dengan perbandingan pupuk Urea 150 kilo dan Phonska 300 kilogram, itu pun dalam pemupukanya dibagi tiga,” pungkasnya.(shp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *