Kader PKB Akan Pimpin DPRD Batang

BATANG, Suaramerdeka.news – Setelah empat periode sejak Pemilu 1999 kursi jabatan ketua DPRD Kabupaten Batang ditempati kader PDIP, kini ditempati PKB. Itu berdasarkan perolehan kursi DPRD pada hasil Pemilu 2019. PKB mendapatkan 12 kursi di DPRD, sedangkan PDIP delapan kursi.

Perolehan kursi DPRD itu berdasarkan Rapat Pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Angota DPRD Kabupaten Batang yang digelar di Hotel Dewi Ratih, baru-baru ini.

Keputusan rapat pleno terbuka mengacu pada hasil Pemilu 2019 disaksikan oleh para saksi parpol dan Bawaslu. Dari Pemkab hadir Kepala Kantor Kesbangpol M Andi Hakim, Kabag Tata Pemerintahan Supriono, dan Kabag Hukum Agus Jaelani Mursidi, serta unsur Forkompimda.

Meninggal Dunia

Dari 45 calon anggota legislatif (caleg) terpilih, termasuk calon sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Batang Sri Umami dari Daerah Pemilihan 5, yaitu Kecamatan Bandar, Wonotunggal, dan Warungasem yang meninggal dunia pada Rabu 17 Juli 2019.

“KPU tetap menetapkan caleg terpilih yang meninggal dunia, karena dari parpol pengusung belum melayangkan surat pemberitahuan kepada KPU,” ujar Ketua KPU Kabupaten Batang Nur Tofan setelah memimpin rapat.

Dia menuturkan, selain memberitahukan KPU Kabupaten Batang, partai pengusung juga harus melampirkan surat permohonan penggantian calon terpilih dengan melampirkan surat akta kematian. Pemilihan anggota DPRD di Kabupaten Batang bisa berjalan lancar,aman, dan damai. Tidak ada gugatan dari pihak caleg ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Hal ini berdasarkan surat MK di dalam Buku Register Perkara Konstitusi tidak ada gugatan dari caleg asal Kabupaten Batang. Dengan demikian KPU RI menegaskan, untuk segera menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih,” tandasnya.

Sebelum dilantik menjadi anggota DPRD, caleg terpilih harus menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) kepada KPU sebagai prasyaarat untuk diusulkan pengesahan Gubernur melalui Bupati. “Pelantikan calon anggota DPRD terpililh dijadwalkan pada Rabu, 14 Agustus 2019,” ujar Nur Topan. (ar-38)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *