Iwan Fals, Antara Lagu, Keluarga dan Cinta

KARIER Iwan Fals di dunia musik tak perlu diragukan lagi. Selama berkiprah di belantika musik Tanah Air sejak tahun 1975, ia sudah menelurkan 39 album. Cukup fenomenal. Lirik lagunya bervariasi, mulai kritik atas kondisi sosial pada masa itu hingga masalah percintaan. Bahkan, lagu untuk anak-anak dan istrinya juga ikut dibuat, sebagai tanda cinta kepada keluarga.

Pria bernama asli Virgiawan Listanto tersebut rela buka-bukaan soal lagu-lagu itu pada program “Dinner With Sophia: Iwan Fals” yang ditayangkan Mola TV dengan dipandu langsung artis Sophia Latjuba. 

Dari 39 album yang dirilis Iwan, beberapa di antaranya dipersembahkan untuk anak-anaknya. Pada 1991, ia membuat album berjudul ‘Cikal’ yang tak lain dipersembahkan kepada putrinya, Annisa Cikal Rambu Bassae. Ia juga merilis album ‘Raya’ yang diberikan kepada Raya Rambu Rabbani saat putranya masih berusia sepuluh tahun atau pada 2013. Sebelum itu, musisi kelahiran Jakarta, 3 September 1961 ini juga membuat lagu untuk almarhum putranya berjudul ‘Galang Rambu Anarki’ pada album Opini tahun 1982.

Lantas, Sophia Latjuba menyinggung lagu untuk Rosana, sang istri Iwan Fals, yang justru dipersembahkan pada tahun lalu. Iwan menanggapinya kalau lagu untuk Mbak Yos, panggilan akrab Rosana, sudah lama akan dibuat. Dia lalu bercerita, “Awalnya dari Raya. Dia bilang, aku dibikinkan lagu, kenapa Mama enggak. Sementara dari tokoh Bung Karno, Bung Hatta, Bento saja yang ga terlalu kenal, ada lagunya,” tutur musisi dengan suara Fals tersebut.

Berangkat dari situ, ia mulai mencoba menulis dan berpikir lagu yang pas untuk Mbak Yos yang sudah dinikahinya sejak 1980. Iwan pun meminta waktu untuk menyelesaikan lagu selama tiga tahun. Namun, permintaan itu diprotes lantaran dinilai terlalu lama. Pada akhirnya, lagu dalam album “Rosana” berhasil dirilis pada 2018.

“Kebetulan saat itu saya dalam masa pemulihan setelah operasi tendon, nulis-nulis, ditemani Cikal, Raya, mamanya, akhirnya jadi album,” tutur Iwan.

“Pernah dikomplain?” tanya Sophia.

“Hampir tiap hari, tapi bukan soal lagu, tapi taste” jawab Iwan Fals.

Sisi Romansa

Dalam album Rosana terdapat sebelas lagu. Lirik yang diciptakan Iwan banyak mengisahkan sisi romansa antara Iwan dengan Mbak Yos. Contohnya adalah Kado Untukmu, R1 (Mulanya), R2 (Dasar Jodoh), R4 (Sehat Teruslah Kamu), dan R5 (Dan Lalu Tertidur).

Sophia juga menanyakan esensi dari album yang dibuat Iwan Fals, apakah soal cinta. Iwan menyebut bahwa lagu-lagunya tak melulu soal cinta, tapi di dalamnya ada arti sebuah kesabaran, ketabahan hingga rasa syukur. 

Dengan Mbak Yos, Iwan Fals memiliki sikap untuk terus berjuang selamanya dalam satu keluarga, meski di dalamnya ada bumbu-bumbu pertengkaran. Itu sudah menjadi hal yang biasa dalam rumah tangga. 

Dalam tayangan selama sekitar 25 menit itu, Iwan terlihat begitu rileks dengan menjawab apa adanya ketika ditanya Sophia Latjuba, mulai soal lagu, keluarga, cinta, jodoh hingga traveling. Program “Dinner With Sophia: Iwan Fals” yang ditayangkan Mola TV, menjadi salah satu acara untuk menghibur masyarakat yang saat ini bekerja dan beraktivitas di rumah akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

(Arif M Iqbal/69)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *