IPHI Jateng Serahkan Award kepada Sejumlah Tokoh

WONOSOBO – Ratusan jamaah anggota IPHI seluruh Provinsi Jawa Tengah meramaikan pawai taaruf jalan sehat dalam rangka Harlah Ke-29 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), di halaman Pendapa Wonosobo.

Sebelum mengikuti pengajian akbar, para peserta yang datang dari berbagai daerah di seluruh Jawa Tengah ini terlebih dahulu melaksanakan kegiatan jalan sehat pawai taaruf mengelilingi sekitar Alun-alun Kota Wonosobo.

Usai melaksanakan jalan sehat pawai taaruf Ketua PW IPHI Jawa Tengah Harsono dalam sambutannya mengatakan, IPHI lahir dilatarbelakangi keinginan, respons dan tanggung jawab untuk selalu memberikan bakti kepada masyarakat dan bangsa. Sebagai organisasi yang menghimpun para haji, IPHI adalah organisasi kebajikan, independen, nonpolitis praktis, sehingga IPHI merupakan organisasi yang diharapkan dapat menghimpun para haji, di dalam menunaikan kemabrurannya. “Di tengah masyarakat, IPHI harus dapat mengamalkan prinsip ajaran Islam, bahwa Islam adalah rahmat bagi seluruh manusia, sehingga kehadiran IPHI juga dirasakan manfaatnya bagi umat beragama lain,” katanya.

Soleh Sosial

Selain itu, Harsono juga menyampaikan, ikon persaudaraah haji sekarang adalah haji mabrur sepanjang hayat. Maknanya adalah nafas, perbuatan, dan sikap para haji dalam keseharian hidupnya mesti mencerminkan nilai-nilai haji yang selama ini telah dilaksanakan. “Ada nilai-nilai thawaf, sa’i, wukuf, jamarat, dan itulah yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Para haji bukan hanya menjadi soleh secara individual, tetapi sekaligus juga diharapkan secara sosial,” kata Harsono.

Turut hadir Bupati Eko Purnomo , Ketua PW IPHI Jawa Tengah Harsono, Ketua Umum PP IPHI Ismed Hasan Putra, Perwakilan Gubernur Jawa Tengah Imam Maskur, dan Muchotob Hamzah Ketua Umum MUI Wonosobo.

Dalam sambutan tertulisnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar mengharapkan, melalui kelembagaan IPHI Jawa Tengah, anggota IPHI terus menjadi pelopor pembangunan moral dan karakter masyarakat. Selain itu, juga menjadi teladan dalam menjaga ukhuwah antarsesama umat Islam, maupun dengan umat agama lain dan implementasi kerukunan umat beragama.

Ke-Bhinekaan bangsa harus diperkuat dengan menjaga persatuan dan kesatuan dan menghormati sesama meski berbeda-beda, baik pandangan politik, suku agama, golongan dan lain lain termasuk terus mengembangkan sikap peduli dan empati pada saudara-saudara kita yang masih kekurangan dan tertimpa bencana.

Dalam acara tersebut juga diserahkan penghargaan IPHI Award. Dalam penyerahan tersebut Wonosobo mendapatkan penghargaan di antaranya bidang manajemen untuk IPHI cabang Kepil, penghargaan dakwah untuk IPHI cabang Wonosobo, penghargaan bidang kepedulian kesehatan untuk cabang Sukoharjo dan Wadaslintang, penghargaan program apresiasi dan pengembangan program untuk IPHI Selomerto, dan penghargaan sosok peduli IPHI Eko Purnomo yang juga Bupati Wonosobo.

Pada kesempatan itu Ketua PW IPHI Jateng H Harsono menandatangani naskah kerja sama dengan Dirut PT Masy’aril Haram Tour (Mastour) H Syarqowie Ghozalie Amin, disaksikan Ismail Ghorib Ullah dari Arab Saudi dan Kepala Perwakilan Semarang H Jumadi Sastradihardja. (kim,B13-58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *