Harus Menunjang Layanan Kesehatan

Labuhan Bajo,Suara Merdeka News.- Penggunaan internet berkecepatan tinggi juga diharapkan dapat menunjang kegiatan kesehatan di daerah-daerah. Ini disebabkan  puskesmas membutuhkan pelayanan cepat sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat. 

“Pada sektor kesehatan, Puskesmas membutuhkan jaringa internet yang cept dalam melayani pasien, serta pengelolaan administtaai.’

Hal itu dikatakan Menkominfo Johnny G Plate saat meninjau sarana internet di Puskesma Labuhan Bajo,Sabtu,(21/12). Dalam kesempatan tersebut,Menkominfo menyerahkan bantuan 2 unit laptop yang disediakan BAKTI Kominfo untuk menunjang layanah administrasi di Puskesmas Labuhan Bajo.Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Humas Kementrian Kominfo Fernandus Setu serta Direktur Sumber Daya dan Administrasi BAKTI Kominfo Fadhilah Mathar.

”  Cara melayani masyarakat harus ditunjang oleh  layanan internet yabg canggih dan cepat,” kata Menkominfo Johnny G Plate yang dalam sambutannya tersebut banyak  menggambarkan pelayanan data masyarakat di Puskesmas yang tersedia melalui database online.

Sebelum meninjau sarana internet di Puskesmas Labuhan Bajo, -sebelumnya- Menkominfo juga  meresmikan sarana internet di Kecamatan Reok Kabupaten Manggarai Barat, dan melihat fasilitas serupa di Seminari Pius XII Kisol Kabupaten Manggarai Timur, di kabupaten Labuhan Bajo,Menkominfo Johnny G Plate juga meninjau sarana internet di Kantor Puskesmas Labuhan Bajo. Seperti halnya di Kecamatan Reok,di Puskesma Kabuhan Bajo pun Menkominfo bersama rombongan disambut  kalungan bunga.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati.Manggarai Barat,Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Manggarai Barat.

Saat berbicara dalam kesempatan tersebut, Menkominfo mengatakan bahwa di Provinsi Nusa Tenggara Timur  BAKTI Kominfo tidak hanya menyediakan infrastruktur telekomunikasi dan akses internet, namun memperkuat sumberdaya manusia dan ekosistem digital.

Dalam bidang kesehatan, lanjut dia, BAKTI Kominfo mendorong penguatan sektor kesehatan melalui penyediaan jaringan internet.

Menkominfo.menegaskan bahwa ketersediaan jaringan internet yang cepat dan andal dapat meningkatkan pengembangan dan pemanfaatan konten, aplikasi, maupun platform yang diperlukan dalam peningkatan produktivitas dan perbaikan kualitas hidup masyarakat. Selain untuk percepatan dan peningkatan kualitas layanan  kehadiran jaringan telekomunikasi menjadi penopang mitigasi risiko terutama dalam mempercepat diseminasi infomasi mengenai kebencanaan. Dengan telekomunikasi bisa membantu proses mitigasi atau antisipasi atas bencana dan mengurangi dampak bencana yang lebih serius. 

Direktur Sumber Daya dan Administrasi  Fadhilah Mathar mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus melayani masyarakat di wilayah 3T melalui kombinasi teknologi telekomunikasi sehingga lembaga-lembaga penting seperti sekolah, Puskesmas, kantor pemerintah daerah, dan kantor kepolisian serta kantor Komando Rayon Militer dapat memanfaatkan akses internet cepat.

Lebih lanjut, Fadhilah menambahkan, dengan adanya internet dan aplikasi yang dijalankan di atasnya, banyak kemudahan dimungkinkan, seperti, akses kepada layanan kesehatan akan semakin cepat.  “Konsep sharing economy semakin mengedepan. Dengan adanya Tele-CTG yang merupakan layanan yang menyajikan alat CTG yang dikemas dengan teknologi digital, akan mempermudah penggunaan dan distribusi CTG sehingga harga untuk penyediaan perangkat tersebut dapat ditekan,” jelas Fadhilah Mathar.(Budi Nugraha/69). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *