KAMBING JAWA RANDU : Sejumlah pedagang menjual kambing Jawa Randu di Pasar Desa Karangpucung, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, baru-baru ini. (52)
- Regional Jateng

Harga Jual Kambing Jantan Berangsur Stabil

CILACAP – Setelah mengalami lonjakan menjelang hari Idul Adha 1440 Hijriyah, harga jual kambing jantan di wilayah Kabupaten Cilacap, kini berangsur normal. Di Pasar Kambing Desa Karangpucung, Kecamatan Karangpucung, harga jual kambing jantan jenis Jawa Randu ukuran standar, kini berkisar Rp 2 juta per ekor. Harga jual itu turun, karena saat menjelang Idul Kurban sempat menembus Rp 2,5 juta- Rp 3 juta per ekor.

Harga jual kambing jantan Jawa Randu ukuran lebih besar, di pasar kambing terbesar di Cilacap itu, kini sudah banyak dijual pedagang kisaran Rp 4 juta per ekor. Sebelumnya, harga jual kambing jantan tersebut sempat menembus Rp 5 juta per ekor. Petugas Pasar Kambing Desa Karangpucung, Rasto mengatakan, harga jual kambing jantan selalu naik menjelang Idul Adha. Itu dipengaruhi tingginya kebutuhan konsumen untuk keperluan beribadah kurban.

“Sudah menjadi tren harga jual kambing jantan naik jelang Idul Adha. Setelah itu, seperti halnya saat ini, harga jual sudah berangsur stabil lagi,” kata Rasto, Kamis (15/8).

Lain halnya dengan harga jual, tingkat kebutuhan konsumen kambing di pasar itu tetap banyak. Karena itu, suasana pasar selalu ramai dipadati penjual dan kambing. Bedanya, populasi kambing di pasar tidak hanya didominasi pejantan. Kambing betina indukan atau usia muda juga banyak dijual.

“Untuk saat-saat seperti ini, kebutuhan konsumen mulai bergeser. Yang tadinya nyaris hanya cari kambing jantan, sekarang lebih banyak yang cari indukan atau kambing muda,” katanya.

Pembeli kambing, lanjut dia umumnya peternak yang hendak menambah atau menukar kambing peliharaan. Pembeli juga banyak yang untuk keperluan daging olahan, terutama sate, gulai maupun menu lainnya.

“Itu makanya, mau Idul Adha atau tidak, pasar tetap ramai. Hanya kebutuhan pembeli yang berbeda,” kata seorang penjual kambing, Khadirun.

Untuk diketahui, Pasar Kambing Desa Karangpucung disebut yang terbesar di Kabupaten Cilacap. Setiap kali pasaran, terdapat ribuan kambing yang diperjualbelikan. Untuk momentum paling ramai menjelang Idul Adha karena banyaknya kebutuhan untuk berkurban. Selain dari Cilacap, penjual kambing di pasar itu berasal dari Banyumas dan kabupaten tetangga lainnya. Oleh sejumlah juragan, kambing banyak dipasok ke sejumlah kota besar terurama Jakarta. (tg-52)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *