Gus Din Calonkan Diri Walikota Surabaya Lewat Jalur Perseorangan


SURABAYA- Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Kader Militan Jokowi (DPW Kamijo) Jawa Timur, Syafrudin Budiman mencalonkan diri menjadi bakal calon wali kota (bacawali) Surabaya pada Pilkada 2020. Pria yang akrab disapa Gus Din ini maju lewat jalur independen atau perseorangan. Slogan yang diusung adalah Surabaya Unggul, Surabaya Maju dan Surabaya Makmur.

“Saya menyatakan maju sebagai Bacawali Kota lewat jalur perseorangan. Insya Allah saya sudah menyiapkan persyaratannya untuk bisa lolos dan bertarung di Pilkada 2020,” kata Gus Din lewat siaran persnya, Rabu (15/1).

Alumni Sarjana Ilmu Politik FISIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) ini yakin bisa memajukan Surabaya yang sudah menjadi City Smart di bawah kepemimpinan Tri Rismaharini. Tinggal kedepannya, kata Gus Din harus dilanjutkan yang lebih progresif dan inovatif lagi.

“Bu Risma is the best deh. Saya masuk Surabaya 1996 seperti kota hantu. Tetapi sekarang dipimpin Bu Risma, sungai dan kali bisa dimanfaatkan, hampir tidak ada kemacetan, gizi masyarakat terjamin, layanan publik terjaga, polusi udah menjadi baik dan tingkat kesehatan serta pendidikan masyarakat meningkat. Tinggal dilanjutkan saja lebih baik,” ungkapnya.

Dia mengemukakan, pemimpin Surabaya ke depan perlu tangan yang kuat dan bukan peragu. Menurut dia, Surabaya masyarakatnya keras dan dinamis, karena Surabaya adalah kota metropolitan.

“Pasca Bu Risma perlu pemimpin yang handal, progresif, inovatif dan cekatan. Kalau bahasa Suraboyo-annya, Bongol alias ngotot dan militan,” katanya.

Gus Din memiliki langkah-langkah pemenangan dengan tema, Gus Din Sosok Muda, Progresif dan Inovatif. Katanya, tema ini menjadi strategi untuk merangkul kalangan muda milenial, komunitas terpelajar, supporter, pekerja/buruh, komunitas etnis dan komunitas agama.

“Saya mengenal Surabaya sejak 1996, kuliah 1998 dan bekerja di Surabaya sejak 2002. Saya sangat paham peta politik Surabaya dan saya tahu harus merangkul siapa saja,” jelasnya.

Mengenai kandidat pendampingnya di Bakal Calon Wakil Walikota (Bacawawali) Kota Surabaya, Gus Din menjawab, “Tunggu waktu yang tepat saja. Pastinya kandidatnya pendamping Bacawali Kota Surabaya, diharapkan perempuan dan memiliki visi-misi yang sama membangun Surabaya,” imbuhnya. (ami/69)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *