Ganjar Pranowo Lantik Pengurus KAPGAMA di Kandang Ayam

YOGYAKARTA- Biasanya, pelantikan kepengurusan sebuah organisasi dilakukan di dalam gedung. Namun, suasana berbeda ditunjukkan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Fakultas Peternakan (KAPGAMA). 

Kali ini, kepengurusan KAPGAMA periode 2020-2025 yang diketuai Achmad Dawami dilantik di halaman kandang ayam tertutup milik Fakultas Peternakan UGM pada Selasa (18/2). Ketua Umum Pengurus Pusat KAGAMA, Ganjar Pranowo yang langsung mengukuhkan KAPGAMA dengan dihadiri sekitar 150 orang jajaran pengurus dan sivitas akademik Fakultas Peternakan. Sekjen PP KAGAMA AAGN Ari Dwipayana juga terlihat di lokasi.

Kandang ayam dengan sistem tertutup (closed-house) ini merupakan hasil kerja sama Research Farm antara Fakultas Peternakan UGM dengan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA). Tempat tersebut merupakan kandang ayam tutup berstandar internasional pertama yang dimiliki perguruan tinggi di Indonesia.

Pembacaan sumpah pengurus dipimpin langsung oleh Ganjar Pranowo di halaman kandang, dilanjutkan penyerahan pataka KAGAMA di dalam kandang yang berukuran 8×24 meter persegi. 

Achmad Dawami menyebut bahwa kontribusi sektor peternakan dibutuhkan untuk membangun SDM Indonesia. Sebab, SDM yang unggul juga ditentukan oleh asupan gizi yang dikonsumsi manusia. Sayangnya, konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia masih rendah, yakni hanya sebesar 8 persen. Angka ini jauh lebih rendang dibanding Malaysia yang mencapai 28 persen, Filipina 21 persen dan Thailand 20 persen.

Alumnus Fakultas Peternakan UGM angkatan 1974 ini berharap, melalui KAPGAMA dapat bersinergi dengan KAGAMA untuk menggenjot pembangunan SDM melalui bidang peternakan. “Kami berharap KAPGAMA didukung oleh KAGAMA untuk bisa memprioritaskan pembangunan SDM dengan meningkatkan konsumsi protein yang lebih baik,” ujar pria kelahiran 24 April 1956 ini.

Hal tersebut ditanggapi oleh Ganjar Pranowo dalam sambutannya. Menurut Ganjar, KAPGAMA bisa mengambil peran membangun SDM bangsa melalui asupan gizi. “Yang satu pemikiran dengan Mas Dawami banyak sekali,” ujarnya.

Besok, kata Ganjar, dirinya akan bertemu dengan Presiden. Pihaknya akan langsung menyampaikan gagasan dan visi KAPGAMA terhadap pembangunan SDM melalui sektor peternakan. “Pesan Saya, jaga kerukunan. Kumpul-kumpul, makan, selfi-selfi, itu penting. Tapi ada yang lebih hebat yakni kontribusi untuk bangsa,” pungkasnya. (red/69)

Susunan pengurus KAPGAMA periode 2020-2025:

Dewan Penasihat:

  1. Dekan Fakultas Peternakan UGM
  2. Zaenal Bachrudin
  3. Ferry Poernama
  4. Krishna Agung Santosa
  5. Priyastomo

Ketua: Achmad Dawami

Ketua Pelaksana Harian: Chandra Gunawan

Wakil Ketua 1 Bidang Organisasi: Bambang Suwignyo

Wakil Ketua 2 Bidang Pemberdayaan Alumni: Ismatullah Salim

Wakil Ketua 3 Bidang Kemitraan: Suryo Suryanta

Wakil Ketua 4 Bidang Hubungan Almamater: Asih Kurniawati

Bendahara: Idha Susanti

Wakil Bendahara: Sri Wahyuningsih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *