SM/Zulkifli Z Fahmi FOSIL BADAK PURBA : Tim BPSMP menunjukkan fosil tulang rusuk badak purba. (42)
- Regional Jateng

Fosil Tulang Rusuk Badak Purba Diteliti

GROBOGAN -Tim ahli dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, meneliti temuan fosil binatang purba, di Desa Kalirejo Kecamatan Wirosari, Kamis (11/7) lalu. Penelitian tersebut sudah dilakukan selama dua hari, Rabu-Kamis (11/7).

Ketua Tim Penelitian dari BPSMP Sangiran Nikko Suko Dwiyanto, mengatakan benda purbakala yang ditemukan Joediyat Dwi Pambudi (35) warga setempat, beberapa waktu lalu itu berupa tulang rusuk, rahang, tulang belakang, dan tulang belikat.

Menurutnya, saat ditemukan, kondisi fosil tersebut sebagian besar dalam bentuk pecahan dan beberapa masih utuh. Dari hasil penelitian, fosil tersebut berasal dari badak purba. Diperkirakan, benda purbakala tersebut berusia sekitar 100 ribu tahun lalu.

”Sebagian pecahan fosil tadi ada yang bisa disatukan. Tetapi, sebagian besar memang pecah-pecah atau terpotong. Seluruh potongan yang ditemukan itu berasal dari satu binatang, yakni badak purba. Kira-kira usianya 100 ribu tahun,” katanya, Jumat (12/7).

Selain meneliti fosil yang telah diamankan di rumah warga tersebut, tim juga menggali ke lokasi penemuan, yakni di tepi Sungai Lusi, tak jauh dari rumah penemu benda bernilai sejarah tersebut.

Dari lokasi penemuan, pihaknya berhasil mendapatkan empat potongan tulang rusuk dan satu tulang belakang. Menurutnya, usai penelitian, pihaknya tidak membawa fosil tersebut ke Sangiran. Itu sesuai permintaan Pemerintah Desa setempat yang berkenan merawat temuan tersebut.

”Terkait keinginan pihak desa ini, kami sudah koordinasi juga dengan Disporabudpar Grobogan. Pada prinsipnya, fosil ini bisa ditempatkan di desa tersebut sepanjang keamanannya terjamin. Seperti yang ada di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus,” kata dia. (zul-42)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *