Artis Terry Putri (kanan) bersama Anggota Baznas, Emmy Hamidiyah dan Anggota Layanan Baznas, Agus Margono seusai menunaikan kurban kambing di kantor layanan Baznas, Kebon Sirih,
- Ekonomi

Dukung Pemberdayaan Peternak Desa, Terry Putri Berkurban melalui BAZNAS

JAKARTA – Artis peran dan juga pembawa acara, Terry Putri menunaikan ibadah kurban melalui BAZNAS. Terry datang ke kantor layanan BAZNAS di Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (9/8) untuk membayar pembelian kambing.

Terry  yang suka membaca program-program BAZNAS mengaku ingin menunaikan kurban yang  sekaligus menggerakkan ekonomi masyarakat desa.
“Berkurban itu untuk kebahagiaan dunia, selain untuk akhirat kita. Saya suka baca program BAZNAS. Dengan berkurban lewat BAZNAS, alhamdulillaah bisa mendukung pemberdayaan masyarakat dan menggerakan ekonominya,” kata perempuan suku Banjar tersebut.

Melalui program “Kurban Berdayakan Desa”, BAZNAS mendorong peningkatan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan budaya di masyarakat desa. Sebab hewan ternak dibeli, disembelih dan dibagikan kepada masyarakat desa.

Dalam program jangka panjang, BAZNAS mengembangkan Program Balai Ternak di berbagai desa di Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak kecil di desa. Menurut anggota BAZNAS Emmy Hamidiyah, kesadaran umat Islam  di Indonesia untuk berkurban meningkat setiap tahun. Data pemerintah menyebutkan, jumlah hewan kurban tahun 2018 naik sebesar 5 persen dari tahun sebelumnya menjadi 1.504.588 ekor.
Dari jumlah tersebut, maka nilai kurban umat Islam diperkirakan sebesar Rp10, 143 Trilyun. 

“Ini adalah jumlah yang besar untuk mengurangi angka kemiskinan para peternak di desa jika dikelola dengan benar. Sebagian besar peternak rakyat masih tergolong miskin, karena bagian terbesar keuntungan kurban justru dinikmati orang kota yang menjadi pedagangnya. Program Kurban Berdayakan Desa adalah solusi untuk meningkatkan income peternak miskin di desa-desa”, ” kata Emmy. (htn/69)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *