SM/Zulkifli Z Fahmi PADAMKAN API : Petugas Pemadam Kebakaran memadamkan api yang membakar rumah milik Jumadi, warga Kelurahan Grobogan, Kecamatan Grobogan, Selasa (10/9). (22)
- Regional Jateng

Dua Rumah Terbakar, Satu Orang Tewas

GROBOGAN – Dalam sehari, dua rumah di lokasi yang berbeda terbakar, Selasa (10/9). Peristiwa pertama terjadi di Jalan Raden Patah, Gang Cemara RT 3 RW 3 Kelurahan Grobogan, Kecamatan Grobogan. Dalam kejadian itu, rumah yang dihuni kakak- beradik penderita stroke itu ludes terbakar. Tak hanya itu, insiden itu menyebabkan satu korban meninggal, yakni Suwandi (40).

Sementara, kakaknya, Jumadi (49), berhasil diselamatkan warga setempat.
Musibah kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 10.00. Saat kebakaran, Jumadi berada di teras rumah. Adapun, adiknya Suwandi yang kondisi stroke lebih parah, sedang tiduran di dalam kamar.

Kobaran api diketahui berasal dari bagian belakang rumah korban. Banyaknya barang mudah terbakar, membuat api cepat membesar. Puluhan warga sempat berupaya memadamkan api, namun tidak berhasil lantaran terbatasnya persediaan air.

Sebelum api makin membesar, warga menyelamatkan Jumadi ke tempat yang aman. Namun, upaya warga untuk mengevakuasi Suwandi gagal dilakukan karena rumah sudah terkepung api.

Amuk kebakaran bisa diatasi setelah ada dukungan mobil pemadam kebakaran dari Pos Induk Purwodadi. Meski demikian, petugas dibantu warga baru bisa menjinakkan api setelah berjibaku hampir dua jam lamanya.

Setelah api padam, jasad Suwandi akhirnya ditemukan dalam kondisi hangus di dalam kamar. Jenazah korban selanjutnya dibawa ke RSUD Purwodadi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kapolsek Grobogan Iptu Eko Bambang mengungkapkan, dalam musibah tersebut, ada satu korban jiwa, Suwandi. Korban berada di dalam kamar saat kebakaran. Adapun, kakaknya Jumadi berhasil diselamatkan warga karena berada di teras rumah. Terkait penyebab kebakaran, pihaknya masih melakukan penyelidikan.

”Penyebab kebakaran masih kami selidiki bersama Tim Inafis Polres Grobogan,” jelasnya.

Sementara itu, peristiwa kedua terjadi di Dusun Kedungjago, Desa Kedungrejo, Kecamatan Purwodadi. Kebakaran tersebut menimpa satu rumah milik Abdul Rohman. Kebakaran bermula dari bagian belakang rumah korban yang digunakan untuk kandang sapi. Banyaknya tumpukan jerami kering menyebabkan kobaran api cepat membesar.

Upaya pemadaman berhasil dilakukan setelah puluhan warga setempat berupaya keras menjinakkan api. Sebagian warga ada yang membantu menyelamatkan barang berharga di dalam rumah dan merobohkan beberapa bangunan rumah untuk mencegah api supaya tidak membesar.

”Tadi, mobil damkar datang ke lokasi. Namun, saat itu, kebakaran sudah berhasil diatasi. Kebakaran tadi melanda bagian kandang,” kata Kades Kedungrejo Ali Mahmudi.

Dalam kejadian itu, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Beberapa ekor sapi dalam kandang juga berhasil diselamatkan warga.

”Penyebab kebakaran diperkirakan dari api bediang. Kami minta kepada masyarakat agar hati-hati saat menyalakan bediang pada siang hari. Sebab rawan kebakaran,” katanya. (zul-22)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *