Dragan Inginkan Sepak Bola Menyerang

SEMARANG – Pelatih PSIS Semarang Dragan Djukanovic mulai mencari komposisi terbaik menghadapi Liga 1 2020. Pada latihan di Stadion Citarum Semarang, Selasa (11/2), juru taktik asal Montenegro itu banyak memberikan program pendalaman taktik kepada pemain.

Berkaca pada laga persahabatan melawan Persik Kendak, akhir pekan lalu, masih banyak yang harus ditingkatkan.

”Kami membangun sepak bola dengan gaya menyerang dan pergerakan yang cepat. Ini membutuhkan transisi dari menyerang ke bertahan dan sebaliknya yang kuat. Dalam sepak bola modern, transisi adalah yang terpenting. Perkembangan pemain sangat bagus tiap harinya,” tutur Dragan Djukanovic usai memimpin latihan.

Pelatih 50 tahun itu terus mengamati perkembangan setiap pemain dalam latihan rutin. Dia mengaku masih mencari pemain terbaik di setiap posisinya. Dragan memberi perhatian khusus pada pemain asing Flavio Beck Junior.

Butuh Adaptasi

Menurutnya, pemain asal Brasil itu masih membutuhkan adaptasi dengan pemain lain. Dia yakin, eks pemain Semen Padang itu bisa beradaptasi dengan pemain lain.

“Untuk Septian David dan Jonathan Cantillana juga memerlukan waktu untuk kembali ke kondisi terbaiknya. Terutama David yang harus lebih bekerja keras lagi,” tandasnya.

Untuk mematangkan persiapan, Dragan akan melakukan uji coba di Stadion Citarum, Minggu (16/2). Kesempatan tersebut juga untuk melihat beberapa komposisi pemain.

“Rencananya melawan tim Liga 2. Kami akan mengevaluasi sejauh mana pemain bisa menerapkan taktik yang saya inginkan. Kami akan mencoba bermain dengan umpan-umpan pendek dan umpan langsung dalam uji coba nanti. Kami akan mencari taktik yang tepat,” jelasnya.

Mempunyai waktu tiga pekan lagi untuk persiapan, Dragan optimistis bisa mendapatkan komposisi terbaik.

Dia yakin, timnya bisa bersaing dengan tim-tim papan atas musim ini. General Manager PSIS Wahyu Winarto telah menjalin komunikasi dengan beberapa tim Liga 2 di Jateng seperti Persekat Tegal, Persijap Jepara, dan PSCS Cilacap untuk uji coba.

“Belum pasti tim mana. Dalam satu atau dua hari lagi sudah mendapat jawaban,” tandas pria yang akrab disapa Liluk itu. (H85,mam-47)

Leave a Reply