Disdikbud Jateng Gelar Diklat Online dan Mentoring

Pelatihan Guru SMK Berbasis Kemandirian

SEMARANG, suaramerdeka.news – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Jumeri STP MSi membuka Diklat Online dan Mentoring (Dolmen), peningkatan kompentensi dan profesionalitas guru SMK di Wisma P4G Ugpris, Jl Sriwijaya Semarang, Kamis (31/10) malam. Dolmen memberikan banyak manfaat dan tujuan, di antaranya mampu meningkatkan kompetensi guru dalam rangka menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, otomasi, digitalisasi, yang terjadi secara global.
Lalu bertujuan menyosialisasikan solusi terbaik dalam rangka menyongsong revolusi industri 4:0 melalui peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru dengan mengikuti kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan, yang diselenggarakan secara on-line, terbimbing oleh fasilitator, serta belajar mandiri. Dolmen bertujuan pula, memperkenalkan seluruh proses kerja kelas online, serta untuk berbagi praktik terbaik bagian dari pelatihan online dalam bentuk program.
Kepala Disdikbud Prov Jateng Jumeri STP MSi menjelaskan, dia sangat mendukung terobosan diklat secara online, karena dinilai efektif dan bisa diikuti guru dengan tidak mengganggu tugas utamanya. ”Dolmen bisa diikuti oleh peserta dalam jumlah yang relatif lebih banyak. Ke depan semoga bisa dikembangkan untuk paket diklat mapel kejuruan dan mapel lainnya. Fungsi mentoring bisa dimanfaatkan untuk pendalaman praktik kejuruan,” kata Jumeri.
Diakui, sasaran peserta pada pelatihan awal itu hanya untuk guru SMK. Namun ke depan agar bisa mengakomodir jenjang SLB dan SMA. ”Kepada seluruh peserta kelas online diharapkan mengikuti kegiatan sebaik-baiknya, di bawah bimbingan fasilitator atau instruktur,” jelas Jumeri.
Peserta
Adapun kegiatan itu dilaksanakan selama beberapa pekan yang dilaksanakan mulai Kamis (31/10) malam. Pelaksanaan seminggu sekali, hingga minggu kedua Desember setiap malam, agar tidak mengganggu tugas keseharaian. Paket pelatihan meliputi Paket E-Module yang diselenggarakan setiap hari hari Rabu, pukul 19.30 s.d 21.30 WIB, dan Paket Media Pembelajaran, yang diselenggarakan setiap hari Minggu, pukul 19.30 s.d 21.30 WIB.
Peserta adalah guru SMK negeri dan swasta di Jawa Tengah, memiliki kemampuan dasar komputer (MS Office), bisa mengoperasikan laptop atau tablet/HP android, memiliki jaringan internet, melakukan pendaftaran secara online, memiliki whatsapp aktif, memiliki komitmen tinggi mengikuti pelatihan. Adapun jumlah peserta yang mendaftar secara online untuk Paket e-Module sebanyak 536 orang dan peserta Paket Media Pembelajaran sebanyak 474 orang. Sedangkan narasumber/instruktur/fasilitator berasal dari Disdikbud Prov Jateng, Kepala SMK, dan guru SMK yang tergabung dalam Tim Instruktur Diklat Online Provinsi Jawa Tengah. (H2-68)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *