PESAN FORKOMPIMDA : Baliho yang memuat gambar Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama Forkompimda di Alun-alun berisi pesar agar khalayak tidak menjual suaranya dalam Pilkades serentak, 26 September mendatang. (62)
- Politik

”Desamu Ora Bakal Maju, yen Suaramu Isa Dituku”

SRAGEN – ”Desamu ora bakal maju, yen suaramu iso dituku,” begitulah pesan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati melalui Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Bhuana Asri.

Penayangan pesan berulang-ulang yang bermakna Desa tidak akan maju, jika suara pemilih bisa dibeli itu, sudah didengar warga Kabupaten Sragen. Para calon kepala desa, juga sudah mendengar imbauan itu.

Saat ini Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Wabup Dedy Endriyatno, masih menunaikan ibadah haji.

Sebelumnya, Yuni dalam berbagai pertemuan dengan warga juga berpesan kepada calon kepala desa untuk menghindari politik uang.

”Jangan memberikan iming-iming uang ke warga dengan harapan agar bisa dipilih,” tegas Yuni di hadapan warga Desa Srimulyo, Kecamatan Gondang sebelum berangkat ibadah haji.

Dia menginginkan agar dalam Pilkades serentak yang dilaksanakan di 167 desa pada 26 September mendatang, berjalan bersih, tidak ada politik uang.

Bupati juga memajang baliho besar yang memuat foto anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen, berisi sosialisasi dan imbauan bagi khayalak dalam pelaksanaan pilkades serentak.

Keinginan Bupati agar Sragen bersih dari politik uang dalam pilkades bukan sekadar wacana. Sebab Bupati sudah membentuk Satgas Antipolitik Uang untuk mengawal pelaksanaan pilkades.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan masih ada calon kepala desa yang nekat membagikan uang dengan harapan bisa dipilih warga.

Jika hal itu terjadi dan diketahui Satgas Antipolitik Uang, pelakunya bakal ditangkap dan diproses hukum lebih lanjut. ”Dari sekian banyak calon kepala desa, tentu ada yang masih nekat membagi-bagikan uang. Kalau tertangkap satgas jangan salahkan kami,” tandas Yuni.

Kabag Pemdes Setda Pemkab Sragen Hiladawati Aziroh saat dikonfirmasi mengatakan Pilkades serentak di 167 desa yang pemungutan suaranya akan dilaksanakan 26 September itu diikuti 511 pendaftar. ”Penetapan calon kepala desa dilakukan 29 Agustus,” katanya. (nin-62)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *