Desa Bangunrejo Dicanangkan sebagai Kampung Batik

KENDAL – Desa Bangunrejo, Kecamatan Patebon, dicanangkan sebagai kampung batik. Pencanangan dilakukan Bupati Kendal Mirna Annisa, belum lama ini.

Sebelumnya, Desa Bangunrejo berhasil mengembangkan budi daya ikan lele melalui program rumah pemberdayaan masyarakat. Rumah itu bertujuan meningkatkan dan memberi pelatihan kepada warga desa. Rumah Pemberdayaan Masyarakat didirikan Fitri Puji Astuti, pencetus dalam program rumah pemberdayaan dan mulai mengembangkan di bidang batik. Mirna Annisa mengapresiasi lantaran Desa Bangunrejo merupakan desa paling mandiri yang dapat mengembangkan potensi warganya.

”Sekarang warga mulai menekuni usaha Batik. Dengan kemandirian dan inovasinya, saya berharap Bangunrejo bisa menjadi percontohan bagi desa lainnya,” ucapnya.

Fitri Puji Astuti menambahkan, program batik tersebut dibentuk dengan tujuan untuk membantu perekonomian warga setempat, terutama ibu rumah tangga. Program yang saat ini salah satunya adalah membatik yang dicanangkan bupati sebagai kampung batik.

Semoga ke depan hasil batik dari desa tersebut dapat diterima di masyarakat dan mulai berkembang.

”Kerajinan batik melibatkan 50 orang ibu rumah tangga. Coraknya tentu tidak meninggalkan batik asli Kendal,” jelas dia.

Salah satu perajin batik, Siti Tohir mengaku sangat terbantu dengan adanya program membatik. Hal itu dapat memberikan bantuan, terutama dalam hal ekonomi. ”Kami senang dengan adanya program ini. Selain memberikan kreativitas, tentu ini bisa sebagai pemasukan tambahan bagi warga,” ucap Siti. (H36-48,58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *