Danone SN Fokus Penuhi Nutrisi dan Kebutuhan Gizi di Indonesia

JAKARTA- Indonesia masih dihadapkan dengan tantangan untuk mengatasi masalah kesehatan pada fase awal kehidupan dan masa-masa penting dalam hidup manusia. Berbagai masalah seperti angka kematian ibu dan anak yang masih tinggi, malnutrisi hingga upaya untuk mencukupi kebutuhan anak yang memiliki kondisi medis khusus memerlukan perhatian seluruh pemangku kepentingan. 

Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia sebagai perusahaan yang berkecimpung di bidang nutrisi dan kesehatan ibu, anak dan nutrisi dalam masa masa penting kehidupan ingin terus berkontribusi melalui beragam inisiatif dan kerjasama dengan banyak pihak termasuk pemerintah, pakar kesehatan dan organisasi lain yang memiliki kepentingan yang sama.

CEO Danone SN Indonesia, Connie Ang menyatakan, pihaknya memiliki misi untuk membawa kesehatan ke sebanyak mungkin orang di dunia. Di Danone SN Indonesia, pihaknya percaya bahwa gizi memiliki peran penting untuk membawa perubahan positif pada kesehatan dan kualitas hidup manusia.

“Fokus kami di Indonesia adalah untuk turut serta menjawab tantangan pemenuhan nutrisi yang dihadapi ibu dan anak termasuk faltering growth (pertumbuhan yang terhambat) dan stunting dan masalah kebutuhan gizi khusus untuk kondisi medis khusus,” kata Connie melalui siaran pers, Minggu (13/10).

Danone Specialized Nutrition Indonesia melalui unit usahanya Nutricia dan Sarihusada selama puluhan tahun telah melakukan inisiatif dalam upaya memenuhi kebutuhan akan produk gizi anak dan ibu melalui kegiatan riset, pengembangan produk, serta edukasi.

“Berbekal pengalaman di bidang nutrisi selama lebih dari 100 tahun, dan jejaring global yang solid, kami berkomitmen untuk berkontribusi dalam mendukung kegiatan ilmiah, penelitian dan pengembangan produk nutrisi inovatif dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendorong terciptanya generasi Indonesia yang lebih sehat,” jelas Connie. 

Upaya yang dilakukan oleh Danone SN Indonesia dalam kegiatan edukasi dilakukan melalui berbagai seminar ilmiah di bidang kesehatan ibu dan anak, bekerjasama dengan berbagai organisasi profesi di bidang kesehatan maupun gizi. Dalam berbagai kegiatan ilmiah seperti kongres tentang nutrisi, alergi dan kesehatan anak, para ahli dari dalam dan luar negeri dihadirkan untuk berbagi konsep dan pengetahuan terbaru seputar pentingnya peran nutrisi dalam menghadapi berbagai kasus kesehatan ibu dan anak.  

Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung meningkatkan kapasitas sumber daya tenaga kesehatan di Indonesia termasuk dokter spesialis anak, obsgyn dan tenaga ahli di bidang gizi. Seminar Ilmiah di diselenggarakan di beberapa kota termasuk Manado dan Bali yang diikuti ratusan tenaga kesehatan dan pakar dari dalam maupun luar negeri. 

Komitmen Danone SN kepada masyarakat Indonesia untuk terus meningkatkan kapabilitas riset dan inovasi juga dibuktikan dengan membangun fasilitas riset dan inovasi bertaraf internasional di Yogyakarta pertengahan tahun ini.

Fasilitas Danone Nutricia Research, Sarihusada R&I Center yang diresmikan bulan Juli lalu dilengkapi dengan keahlian sains dan teknologi terbaru. Berdirinya pusat riset dan inovasi ini diharapkan dapat mendorong upaya Danone di Indonesia untuk mengembangkan inovasi produk nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Peningkatan kapasitas pusat riset milik Danone SN ini dilakukan dengan melengkapi empat fasilitas berteknologi tinggi, yaitu Pilot Plant, Laboratorium Pengembangan Produk dan Bahan Baku, Laboratorium Sensori, dan Laboratorium Pengemasan. Fasilitas ini akan mempermudah Danone untuk melakukan proses simulasi prototipe produk secara mandiri; mulai dari menggali insight sains dan teknologi, melakukan studi klinis untuk keamanan dan efektifitas produk, mengembangkan produk, melakukan studi pengemasan, dan studi sensori hingga produk inovasi siap diproduksi dalam skala industri.

“Kami patut berbangga bahwa pusat riset di Indonesia adalah salah satu dari enam pusat riset yang dimiliki Danone Nutricia Research di dunia dan didukung dengan oleh ratusan periset dari jejaring yang dimiliki Pusat Riset dan Inovasi Danone di seluruh dunia,” ujar Connie.

“Kami ingin terus bekerjasama dengan berbagai pihak untuk dapat berkontribusi positif mendorong kemajuan di bidang nutrisi dan kesehatan dan terus menjadi penyedia produk nutrisi terpercaya berdasarkan riset ilmiah di Indonesia,” tambah Connie. (M Iqbal/69)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *