SM/Moch Kundori SAMPAIKAN MATERI : Praktisi bidang pengembangan SDM, Indah Prestyowati menyampaikan materi dalam seminar nasional bertema Strategi Konseling di Era Milenial, di kampus 3 IAIN Salatiga, baru-baru ini. (48)
- Regional Jateng

Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Perlu Diwaspadai

SALATIGA – Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga, menyelenggarakan seminar nasional bertema strategi konseling di era milenial di kampus 3 perguruan tinggi itu, baru-baru ini.

Seminar yang diikuti oleh puluhan guru Bimbingan dan Konseling (BK) dari berbagai kabupaten itu, bertujuan membekali guru BK tentang strategi konseling yang tepat bagi generasi milenial.

Ketua penyelenggara Dr Lilik Sriyanti MSi, sekaligus ketua Program Studi BKPI, mengatakan keilmuan bimbingan dan konseling terus mengalami perkembangan. Banyak inovasi baru dalam strategi konseling. Karena itu, guru BK perlu terus belajar mengembangkan diri, mengikuti, dan menerapkan inovasi teknik konseling agar dapat menjalankan perannya di era milenial.

“Dunia pendidikan saat ini menghadapi generasi milenial dengan gawai sebagai senjata utama kehidupan. Kepemilikan akun di berbagai sosial media merupakan ciri khas remaja masa kini dan ini mengundang bahaya bagi pemiliknya pada masa datang,” jelas Lilik.

Peran Besar

Ditambahkan, dahsyatnya perkembangan teknologi informasi menyebabkan perubahan pola pikir dan perilaku remaja. Penggunaan video streaming, penggunaan situs porno, game online makin menggejala di mana-mana tanpa memperhitungkan risiko di baliknya.

“Berkaca dari kondisi itu, kami menyelenggarakan seminar ini,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan Fakultas Tarbiyah IAIN Salatiga, Dr Hamam PhD yang membuka acara tersebut, mengatakan sekolah adalah rumah kedua bagi peserta didik, sehingga harus diciptakan senyaman mungkin agar anak betah di sekolah.

“Guru BK mempunyai peran besar dalam membawa suasana sekolah yang menyejukkan,” kata Hamam.

Seminar yang dikemas dalam bentuk pelatihan tersebut menghadirkan praktisi bidang pengembangan SDM, Indah Prestyowati SPsi dengan mengenalkan seperangkat alat yang dapat digunakan untuk mengungkap masalah, membangun keterbukaan, menumbuhkan motivasi dalam kegiatan konseling. Dengan alat tersebut, seseorang berkembang, bergerak maju dan mampu memecahkan masalah dengan potensi yang dimilikinya. (H32-48)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *