xpornplease.com pornjk.com porncuze.com porn800.me porn600.me tube300.me tube100.me watchfreepornsex.com

Bong Joon-ho, Sutradara ”Parasite”: Meyakini Ucapan Scorsese

Namanya melesat pada Academy Awards 2020, Senin (10/2). Dia berhasil meraih empat Oscar. Dua atas namanya sebagai sutradara terbaik dan penulis skenario asli terbaik bersama Han Jin-won. Dua lagi sebagai sutradara film terbaik dan film internasional terbaik (dulu bernama film berbahasa asing terbaik) yakni Parasite.

SAAT maju ke panggung untuk menerima piala sebagai sutradara terbaik, Bong Joon-ho (50) berkelakar bahwa dia sebenarnya merasa cukup dengan penghargaan untuk Best International Feature Film. Karenanya, dia mengaku terkejut saat namanya dibacakan sebagai sutradara terbaik.

Pengakuan Joon-ho bisa dimaklumi. Sebagai catatan, untuk kategori tersebut dia harus bersaing dengan nama-nama yang telah tenar seperti Quentin Tarantino, Martin Scorsese, serta Todd Phillips dan tentu saja Sam Mendes.

Karena itu, mungkin bukan hanya Joon-ho, publik juga ikut terkejut. Melanjutkan sambutannya, dia mengungkapkan bila ada satu kalimat yang menjadi pegangannya dalam berkarya sejak muda. ”Yang paling pribadi adalah yang paling kreatif.”

Barangkali tak banyak yang tahu siapa pemilik kata-kata itu. Joon-ho kemudian mengungkapkannya yang lebih membuat terkejut.

”Kalimat itu milik Martin Scorsese. Saat sekolah, saya belajar film-film karyanya,” ujar pria yang dikenal dengan gaya rambut yang tak rapi.

Scorsese terlihat tersipu sembari tersenyum dan memberi tanda lewat kedua tangannya tanda terima kasih.

Hadirin di Dolby Theatre, Los Angeles, seketika kompak memberi tepuk tangan sembari berdiri padanya.

Sungguh, sikap rendah hati dan menghormati yang tulus dan mengharukan. Tak hanya itu, Joon-ho melanjutkan dengan memuji Todd dan Mendes sebagai sutradara yang ia kagumi.

Dia bahkan kembali bercanda dengan mengatakan apabila dimungkinkan, Oscar yang diterimanya lebih baik dibagi lima untuk dibagikan pada mereka dan para nomine lain.

Quentin Tarantino? Joon-ho tak mungkin melewatkan.

”Saat publik di Amerika Serikat tak biasa dengan karya saya, Quentin selalu memasukkan film-film saya dalam daftarnya. Terima kasih banyak,” tambahnya.

Ternama di Korea

Sejatinya, Joon-ho merupakan salah satu sutradara ternama di negerinya, Korea Selatan. Dia berkarya selama kurang lebih dua dekade terakhir. Selama itu, Joon-Ho juga telah melahirkan beberapa film bernas bahkan disebut membawa gaya baru dalam dunia sinema di sana.

Beberapa situs berita menyebut karyakarya Joon-Ho yang fenomenal sebelum Parasite, antara lain Memories of Murder (2003), The Host (2006), dan Mother (2009).

Lewat ketiga film itu, dia menerima beberapa penghargaan bergengsi di negerinya seperti Korean Film Award, Baeksang Arts Award, Blue Dragon Films Award, Busan Films Critics Award, dan lainnya. Dia juga pernah menerima penghargaan pada Asian Film Award.

Parasite merupakan puncak kariernya sejauh ini. Hal itu diawali dengan penghargaan tertinggi (Palme d’Or) pada Cannes Film Festival 2019 untuk film berdurasi 2 jam 12 menit itu.

Kemudian, beberapa penghargaan serupa mengalir seperti pada ajang Golden Globe, British Academy Film and TV Award, dan lainnya.

Pada dua ajang yang disebut, dia juga tercatat sebagai nomine kategori sutradara terbaik meski tak menang. Joon-ho kini naik daun. Lewat Parasite, dia membuktikan mampu menaklukkan Hollywood dan dunia tentunya.

Setelah menerima Oscar, dia kini disebut langsung menerima kontrak dari perusahaan ternama untuk menggarap ulang karya lamanya. Parasite bahkan bakal diadaptasi menjadi serial oleh HBO. (Adhitia Armitrianto-56)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

izmir escort