BNNP Jateng Tangkap Kurir Narkoba

-Dikendalikan Napi Lapas Kedungpane

KENDAL – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng bersama BNNK Kendal dan Lapas Kedungpane Semarang membongkar jaringan peredaran narkoba jenis sabu-sabu di wilayah Kendal.

Peredaran narkoba tersebut dikendalikan seorang napi berinisial FSA yang ditahan di Lapas Kelas 1A Kedungpane Semarang. FSA sedang menjalani hukuman 10 tahun penjara untuk kasus narkoba.

Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Benny Gunawan mengatakan, terbongkarnya kasus itu berasal dari tertangkapnya SGT di Kelurahan Bandengan Kendal pada 10 November 2019. SGT berperan sebagai kurir.

Dari tangan tersangka, petugas mengamankan barang bukti terdiri atas sabu seberat 300 gram, tiga paket bungkus kecil sabu dengan berat 17 gram, dan satu timbangan digital.

”Hasil penyelidikan dari tersangka SGT, mengaku diperintah oleh FSA napi di Lapas Kedungpane. FSA sedang dihukum untuk kasus narkoba,” katanya dalam gelar perkara di Kantor BNNK Kendal, Rabu (13/11).

Petugas yang menerima informasi dari SGT, berkoordinasi dengan Lapas Kelas 1A Kedungpane Semarang. Petugas melakukan penggeledahan di kamar tahanan milik FSA. Hasilnya petugas mendapati dua ponsel yang digunakan FSA untuk berkomunikasi dengan SGT ketika mengambil sabu-sabu di Jakarta.

”Pada kasus narkotika pertama FAS divonis 8 tahun dan kasus kedua divonis 10 tahun penjara,” tutur dia.

52 Tersangka

Dia menjelaskan, BNNP Jateng selama 2019 berhasil mengungkap kasus narkotika dengan jumlah tersangka 52 orang dan barang buktinya yakni 6,6 kg sabu-sabu, 62 kg ganja dan 486 pil ekstasi.

”Kami sangat serius dalam penanganan narkoba. Kami terus kembangkan penyelidikan hingga bisa tertangkap bandarnya,” ujar Benny.

Wabup Kendal, Masrur Masykur mengaku bersyukur dengan terbongkarnya kasus peredaran narkoba. Namun, ia sedih, karena di Kabupaten Kendal, dengan slogannya Beribadat, masih terdapat kasus seperti itu.

”Ini menjadi pekerjaan bersama untuk menumpas peredaran narkoba,” ucapnya.

Wakapolres Kendal, Kompol Sumiarta mengapresiasi langkah BNNP Jateng. Hal itu bisa memacu Polres Kendal untuk ikut berpartisipasi dengan BNNK Kendal dalam menanggulangani peredaran narkoba. ”Kami mendukung dan siap berperan serta untuk pemberantasan peredaran narkoba,” tegas Sumiarta. (H36-48,58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *