BLK Blora Produksi Masker Gratis untuk Masyarakat

BLORA- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Blora memproduksi masker gratis yang akan dibagikan kepada masyarakat. Melalui pembuatan masker dengan memanfaatkan kain oxford dan kain sisa jahitan tersebut, BLK ingin berkontribusi dalam pencegahan persebaran virus korona (Covid-19).
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinperinaker Blora Purwadi Setiyono mengemukakan, pembuatan masker dilakukan dalam rangka menyikapi kelangkaan masker pabrikan di pasaran seiring mewabahnya virus korona. ”Pembuatan masker sudah kami mulai sejak Senin (23/3). Ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora untuk masyarakat yang membutuhkan di tengah pandemi Covid-19. Semoga bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya,” ujar Purwadi Setiyono, Kamis (26/3).
Kepala UPT BLK Kabupaten Blora Amik Kristanti menambahkan, masker yang diproduksi itu rencananya akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Dengan memakai bahan kain oxford, dan bahan-bahan sisa pelatihan yang masih bisa digunakan, masker tersebut dibuat para peserta pelatihan dan karyawan BLK. ”Kami menargetkan sebanyak 1.000 masker, namun ini sudah dapat 1.030 masker yang siap dibagikan,” tandas Amik.
Atahan Kemenaker
Dia mengemukakan, produksi masker tersebut sesuai arahan dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI yang meminta seluruh BLK binaannya memproduksi masker untuk kegiatan sosial. Amik menambahkan, masker yang dibuat itu sesuai standar operasional prosedur (SOP). Sehingga, masker itu aman dan bisa melindungi diri dalam mencegah penularan virus. ”Yang membuat adalah para peserta pelatihan. Setelah jadi, kami laundry agar benar-benar bersih sebelum dibagikan kepada masyarakat,” tuturnya.
Dengan produksi masker secara mandiri ini, diharapkan bisa mengurangi keresahan masyarakat tentang langkanya masker. Selain itu yang terpenting adalah bisa digunakan untuk pencegahan persebaran virus korona.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi mengapresiasi hasil karya masker yang dibuat oleh BLK Blora. ”Tentu kami apresiasi pembuatan masker ini. Semoga masker ini bermanfaat bagi masyarakat Blora,” harapnya. (H18-30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *