Billboard Indonesia, Siap Rilis 100 Tangga Lagu Indonesia.(SMNews/Benny Benke).
- Ekonomi, Life Style, Milenial, Musik & Film, Populer

Billboard Indonesia, Siap Rilis 100 Tangga Lagu Indonesia.

Jakarta, Suaramerdeka.News –– Billboard internasional, yang telah 103 tahun mengeluarkan 100 tangga laga internasional, bersiap mengeluarkan edisi Billboard 100 tangga lagu Indonesia.

Kepastian atas rilisnya Billboard 100 tangga lagu Indonesia atau pop chart, itu dipastikan oleh COO Billboard Indonesia, Aldo Sianturi.

Setelah masuk Indonesia sejak tahun lalu, kehadiran Billboard tangga lagu Indonesia, sebagaimana dijelaskan Aldo Sianturi, semata untuk mendukung konten musik Indonesia mengglobal.

“Tangga lagu Indonesia pernah ada pada sebuah massa. Setelah mati sekian lama, kami berinisiatif menghidupkannya dengan bendera Billboard tangga lagu Indonesia sebagai penanda lagu jawara pada sebuah teritori,” kata Aldo Sianturi di Bakoel Koffie Jakarta, Selasa (10/9) petang.

COO Billboard Indonesia, Aldo Sianturi. (SMNews/benny benke)

Secara resmi Billboard pop chart lagu Indonesia — yang sejatinya merangkum semua genre lagu– akan dirilis pada tanggal 25 September nanti.

Keberadaan sebuah tangga lagu di sebuah negara menjadi sangat krusial, karena menurut Aldo, market sejatinya tidak berubah. Yang berubah adalah audience-nya. Dan market tidak lagi milenial lagi, tapi zilenial.

“Dan yang mendengarkan musik saat ini via digital platform dan media masa kini lainnya, semakin masif. Susah menjelaskan dan memetakan apresiasi anak muda terhadap tangga lagu. Padahal di sebuah negara, keberadaan tangga lagu itu penting,” kata Aldo menjelaskan.

Aldo Sianturi. (SMNews/Bb).

Relevansinya atas kehadiran chart lagu Indonesia, musisi akan mempunyai kemudahan mengetahui popularitas sebuah lagu, sekaligus menjadi penanda sebuah era. “Oleh karenanya keberadaan chart lagu tidak terpisahkan dengan faktor statistik dan figur,” imbuh dia.

Meski untuk membangun dan mengamadakan sebuah tangga lagu sebenarnya tidak mudah. Menimbang 20 tahun terakhir market agak bingung. Karena secara asosiatif tidak ada himpunannya. Kalau ada himpunannya pasif.

“Itulah mengapa penting bagi kami melounching chart lagu pada 25 September nanti. Karena kami menghimpun data primer dari data Asiri (Asosiasi Industri Rekaman). Asiri dapat data dari digital platform di seluruh wilayah Indonesia. Sekaligus data tambahan dari sektor lainnya, yang memperkuat sebuah data. Termasuk data penjualan sebuah single atau album, juga lagu populer di rumah karaoke,” kata Aldo sembari mengatakan adagium popularitas saat ini adalah: “Tidak ada waktu yang tepat, yang ada lagu yang tepat”.

Aldo Sianturi. (SMNews/Bb).

Dua goal utama Billboard Indonesia atas keberadaan Billboard tangga lagu Indonesia adalah akurasi dan transparasi. Dengan akurasi dan transparansi yang dibangun dari basis statistik yang kuat, tangga lagu menjadi akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. “Karena pertimbangan kita pada popularitas sebuah lagu. Tidak yang lain,” pungkasnya. (benny benke — 69).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *