- Regional Jateng

Bermain Pesawat Aeromodelling Sambil Menunggu Buka Puasa

BANJARNEGARA – Menunggu saat berbuka puasa di bulan Ramadan, dimanfaatkan oleh penggemar aeromodelling di Banjarnegara untuk berlatih sekaligus unjuk kebolehan memainkan beraneka ragam pesawat. Memanfaatkan lahan pekarangan kosong di Kelurahan Kenteng, atau di sebelah kampus Politeknik Banjarnegara, penggemar aeromodelling berlatih menerbangkan beragam jenis pesawat.

Mulai dari drone, pesawat tempur, akrobatik, hingga ke pesawat parasut. Masyarakat sekitar pun antusias melihat pesawat yang diterbangkan tersebut.

Eko Setyobudi, teknisi beragam jenis pesawat mengatakan, banyak tantangan memainkan pesawat di lokasi terbuka seperti tempat penggemar aeromodelling di Banjarnegara berlatih saat ini. “Salah satu yang harus diwaspadai tentu kondisi angin yang kencang dan cukup sulit diprediksi sebelumnya,” ujar dia.

Dengan angin yang bertiup kencang, tentu pesawat akan berpotensi terbawa angin dan terjatuh. Sehingga dibutuhkan keterampilan yang cukup untuk mengendalikan pesawat. Terlebih pesawat parasut, kesulitannya akan semakin tinggi karena jenis pesawat tersebut berbeda dengan pesawat jenis lainnya seperti drone atau akrobatik.

Salah satu penggemar aeromodelling, Aris Sudaryanto mengatakan, tantangan menerbangkan pesawat jenis parasut memang cukup sulit dengan kondisi angin yang cukup kencang. Nyatanya, pesawat parasutnya sempat beberapa kali tersungkur jatuh ke sawah. Beruntung pesawatnya tidak mengalami masalah berarti dan bisa diterbangkan kembali.

“Karena seperti parasut sungguhan sehingga angin sangat berpengaruh dan harus benar-benar diwaspadai,” terang dia.

Sejumlah masyarakat pun mengaku terhibur dengan adanya pertunjukan gratis tersebut. Tentunya sambil menunggu waktu berbuka puasa. (J3-60)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *