Belajar Trik Sosialisasi

SEBAGAI Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Surakarta, ada dua hal yang harus dikuasai Bunga Asih Pratiwi.

Pertama, ia harus paham akan program Keluarga Berencana (KB). Kedua, ia harus mengerti teknik menyosialisasikan program-program KB itu kepada masyarakat.

Betapapun, Duta Genre merupakan salah satu ujung tombak Pemkot Surakarta dalam menciptakan kesejahteraan keluarga melalui program KB. Tugasnya adalah mengedukasi khalayak, khususnya kelompok sebaya, terkait kesehatan reproduksi, pencegahan pernikahan dini.

“Untuk memperdalam pengetahuan, saya sering mengikuti seminar-seminar yang diadakan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), pelatihan-pelathan,” ungkap Bunga.

Sebagai pendidik sebaya (peer educator) bagi remaja, mahasiswi tingkat akhir salah satu perguruan tinggi di Solo ini mengaku, tidak kesulitan dalam menyosialisasikan program-program KB kepada generasi muda. Lain halnya jika ia harus berhadapan dengan ibu-ibu yang sudah menikah. 

“Sebenarnya kesulitannya lebih cenderung kepada teknis penyampaian. Saya kan masih muda, jadi unggah-ungguhnya belum begitu baik. Kosa kata yang dipakai juga harus diperhatikan.”

Untungnya hingga kini Bunga belum pernah mendapatkan pengalaman buruk saat melakukan sosialisasi di hadapan ibu-ibu. Meski demikian, gadis yang juga aktif berbisnis hijab ini bertekad untuk terus belajar trik sosialisasi kepada orang yang lebih tua.

“Jadi saat tugas sebagai Duta Genre 2019 berakhir tahun depan, saya sudah fasih berbicara dengan semua kalangan,” kata Bunga. (Agustinus Ariawan-51)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *