- Ekonomi

BAZNAS Kembangkan Program Pemberdayaan UKM Para Mustahik

JAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) mengembangkan program pemberdayaan bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan mereka.

Direktur Operasi BAZNAS, Wahyu TT Kuncahyo mengatakan program ini dijalankan dalam upaya pengentasan kemiskinan dalam bentuk pemberian akses untuk terus menumbuhkan usaha yang meliputi modal, pendampingan produksi, dan advokasi pasar.

“BAZNAS tidak hanya memberikan modal usaha, tapi juga memberikan pendampingan dan advokasi pemasaran produk para mustahik. Dengan berbagai bantuan ini kami harapkan mereka dapat bangkit dari mustahik bisa menjadi muzaki,” kata Wahyu pada acara peluncuran sekaligus penyerahan bantuan modal usaha Program Mustahik Pengusaha BAZNAS di Jalan Paseban Dalam BE, Kelurahan Paseban, Kecamatan, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2019) sore.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Divisi Pendayagunaan BAZNAS Randi Swandaru, Lurah Paseban Muhammad Soleh, SKM, MSi, dan para penerima manfaat, dan masyarakat sekitar. 
Sebanyak 100 mustahik pelaku usaha kecil menengah dilayani oleh BAZNAS mulai dari penjahit keliling, bakso cuanki, sate padang, siomay, hingga pedagang ketoprak.

“Di Momen Bulan Ramadhan 1440 H BAZNAS berharap, program ini dapat menjadi titik balik pengingkatan usaha mustahik untuk terus tumbuh dan bermanfaat,” kata Randi.

Sementara itu, Lurah Paseban Muhammad Soleh, SKM, MSi mengucapkan terima kasih atas program yang dijalankan di daerahnya, ia berharap program ini mampu meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha kecil.

Sedangkan Edi Supeno, Ketua Kelompok Penjahit Keliling mengatakan, ia dan para pedagang kecil lain di daerahnya sangat senang dan berterima kasih kepada BAZNAS. Ia berharap, usaha mereka bisa semakin berkembang dan penghasilannya dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. (htn-67)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *