Anggota Tambah, DPRD Jawa Tengah Berbenah


-Geladi bersih 29 Agustus, Pelantikan 3 September


SEMARANG – Sekretariat DPRD Jawa Tengah sedang berbenah. Ruang Fraksi PDIP dan PKB direnovasi sementara lima ruang komisi dan ruang paripurna ditata ulang.
Alasannya, jumlah anggota DPRD tambah 20 orang dari 100 menjadi 120 orang. Paling kentara perubahan di rung Fraksi PDIP, karena jumlah kursi partai berlambang kepala banteng ini bertambah banyak. Dari 27 menjadi 42 kursi. Sementara ruang yang ada saat ini cukup sempit. Hal yang sama terjadi di Fraksi PKB, yang jumlah kursinya bertambah dari 13 menjadi 20 kursi.
“Ruang Fraksi PDIP dan PKB dirombak,” kata Sekretaris DPRD Jawa Tengah, Urip Sihabudin, Selasa (20/8). Sedangkan ruang komisi yang sebelumnya diisi 19 orang harus ditambah meja kursi karena nantinya anggota komisi menjadi 23 orang. Meja dan kursi di ruang rapat paripurna di lantai IV Gedung Berlian perlu ditambah pula.

Gedung Anyar


Upaya itu dilakukan mengingat pembangunan gedung anyar DPRD akan dimulai 2020. Saat ini masih proses penyusunan DED. Nantinya gedung baru akan memiliki 11 lantai dan dibangun multiyears, 2020-2021.
Sementara untuk pelantikan, lanjut Urip, akan dilakukan di Gedung DPRD Jawa Tengah pada 3 September. Saat ini masih dilakukan proses administratif untuk surat keputusan (SK) penetapan. Setelah dilakukan penetapan caleg terpilih oleh KPU Jateng, maka surat selanjutnya disampaikan kepada Mendagri melalui Gubernur.
“Nanti pelantikan 3 September di Gedung DPRD lantai IV. Saat pelantikan mengenakan pakaian sipil lengkap(PSL). Ada geladi kotor sebelum pelantikan, yaitu pada 29 Agustus,” ujar Urip.
Dari 66 caleg terpilih atau sekitar 55% merupakan wajah baru. KPU Jateng telah menetapkan caleg terpilih pada 10 Agustus. Dari 120 kursi DPRD Jawa Tengah peringkat pertama PDIP 42 kursi, disusul PKB 20 kursi, Gerindra 13 kursi, Golkar 12 kursi, PKS 10 kursi, PPP 9 kursi, PAN 6 kursi, Demokrat 5 kursi dan Nasdem 3 kursi. (adv-70)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *