Akses Tol Bandara Tunggu Pemindahan Kompleks TNI-AU

BOYOLALI – Salah satu akses vital tol Solo-Ngawi yang belum selesai pengerjaanya sampai sekarang adalah jalur menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo di Ngesrep, Ngemplak, Boyolali. PT Jasa Marga Solo Ngawi (PT JSN) terus menyelesaikan proyek tersebut secara bertahap sambil menunggu proses pembebasan lahan.

Direktur Teknik PT JSN Aryo Gunanto mengungkapkan, pihaknya memang sedang menunggu proses pembebasan lahan yang akan dipakai akses masuk tol ke bandara. Pembebasan lahan yang belum tuntas adalah status tanah yang saat ini dipakai TNI-AU sebagai perumahan. 

“Ada tanah milik TNI-AU yang dibangun kompleks perumahan yang butuh dibebaskan. Kami masih menunggu proses pembebasan lahan tersebut,” terang Aryo, kemarin. Aryo mengungkapkan, apabila panitia pengadaan tanah sudah menuntaskan pembebasan lahan di depan bandara, pihaknya akan segera menggelar proyek fisik pembangunan akses tol menuju bandara.

Tanpa ada kepastian pembebasan lahan ini pihaknya tentu belum bisa memulai proyek di sana. “Ya kami harus memastikan pembebasan lahannya dulu sebelum proyek pembangunan akses tol ke bandara digelar,” ungkapnya.

Sebanyak 50 rumah millik TNI-AU Lanud Adi Soemarmo Solo yang terletak di utara bandara rencananya digusur. Lahan seluas empat hektare itu masih dihuni prajurit dan keluara TNI-AU. Penggantian lahan sudah diusahakan dan menurut informasi akan dipindahkan ke Karanganyar berdekatan dengan markas Lanud Adi Soemarmo. (J5-51)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *