Akses Menuju Empat Taman Diperbaiki

GROBOGAN – Pemerintah Kabupaten Grobogan terus melakukan penataan di kawasan pusat kegiatan masyarakat. Selain membangun beberapa taman yang menjadi kegiatan, akses penunjangnya juga diperbaiki.

Jalan Kampung Mekarsari, Kelurahan Kalongan, tepatnya di depan Dinas Lingkungan Hidup, diperbaiki sehingga akan menunjang wajah empat taman di dekatnya. Yakni Taman Hijau Kota Purwodadi, Taman Kuliner dan Revolusi Mental, Taman Ir Soekarno, dan Taman Simpang Lima Purwodadi.

Pembangunan dilakukan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperakim). Jalan tersebut diperbaiki dengan betonisasi. Kabid Penataan Bangunan dan Gedung Disperakim, Soewignyo menjelaskan jalan dengan panjang 245 itu dibangun menggunakan dana sebesar Rp 1,4 miliar lebih. Selain dicor beton, akses tersebut juga dilebarkan hingga 9 meter, yakni 6 meter lebar jalan dan 3 meter bahu jalan.

”Jalan ini belum menjadi jalan kabupaten, masih jalan kampung kelurahan. Jadi yang menangani Disperakim bukan DPUPR. Setelah jadi nanti akan diserahkan sebagai aset Pemkab dan dibuatkan surat keputusan terkait hal itu,” katanya.
Menurutnya, perbaikan jalan tersebut akan mendukung kegiatan masyarakat menuju empat taman tersebut. Dengan perbaikan ini, ke depan warga maupun wisatawan yang datang bisa masuk dengan menggunakan bus.

Tambah Estetika

”Jalan ini kami cor bertulang. Namun ada sekitar 1,5 meter tidak kami beri tulang besi, karena akan dijadikan bahu jalan. Perbaikan sengaja dilakukan dengan rabat beton untuk menambah estetika dibandingkan harus diberi batu belah,” katanya.

Pantauan di lapangan, pembangunan jalan masuk taman terbesar di Grobogan dikerjakan menggunakan beton dengan tulangan berdiameter sekitar 10 milimeter. Jalan, dibangun satu paket pekerjaan dengan penataan saluran air di depan kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

”Nanti saluran akan ditutup dan penutup akan dibangun sama dengan ketinggian jalan. Dengan ketinggian yang sama, maka jalan yang awalnya hanya 6 meter, ditambah lebar saluran akan menjadi 12 meter,” tambah Soewignyo. (zul-48,58)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *