AirNav Indonesia Siap Mendukung Dibukanya Kembali Pariwisata Bali

Badung ,Suara Merdeka.News.– Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau yang dikenal dengan AirNav Indonesia, siap medukung dibukanya kembali pariwisata Bali. Pembukaan Kembali pariwisata Bali ditandai dengan penerbangan Garuda Indonesia (GA402) rute Jakarta-Denpasar pada Jumat (31/7) siang, yang mengangkut wisatawan domestik.

Bertempat di depan Candi Bentar, Terminal Kedatangan Domestik, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Wakil Gubernur Provinsi Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, yang didampingi oleh General Manger AirNav Indonesia Cabang Denpasar, Kristanto dan perwakilan dari Otoritas Bandara Wilayah IV serta perwakilan stakeholder penerbangan nasional, menyambut para wisatawan yang tiba.

Sebanyak 89 penumpang penerbangan GA402 yang tiba di Bali pada pukul 10.18 WITA tersebut disambut dengan prosesi pengalungan bunga oleh Wakil Gubernur Bali, General Manager AirNav Indonesia Cabang Denpasar, manajemen PT Angkasa Pura I (Persero), dan perwakilan stakeholder penerbangan lainnya.

Wakil Gubernur Bali, Cok Ace, mengharapkan kembalinya kepercayaan wisatawan domestik terhadap Bali. “Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik untuk Bali ke depan. Yang kami pentingkan sekarang adalah bagaimana menanamkan kepercayaan wisatawan domestik terhadap Bali sebagai destinasi pariwisata. Ini yang penting. Yang penting prosedur-prosedur untuk masuk Bali sudah terpenuhi semua, protokol kesehatan sudah dipenuhi dengan baik,” paparnya.

General Manager AirNav Cabang Denpasar, Kristanto, menegaskan bahwa pihaknya siap memberikan pelayanan navigasi penerbangan yang terbaik di wilayah udara Bali. Hal ini bertujuan agar wisatawan yang menggunakan jasa angkutan udara merasa nyaman ketika terbang menuju Bali sehingga akan tertarik lagi untuk mengunjungi Bali.

“Pergerakan pesawat udara di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai untuk periode tanggal 1 sampai 30 Juli 2020 tercatat sejumlah 1.319 pergerakan pesawat. Angka ini meningkat dibandingkan jumlah pergerakan pesawat pada bulan Juni yaitu sejumlah 545 pergerakan pesawat udara,” pungkas Kristanto.

Selama satu pekan ke belakang (26-30 Juli 2020), Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali mencatat telah melayani sebanyak 17.757 penumpang rute domestik yang terangkut melalui 278 penerbangan. Jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya (19-23 Juli 2020), di mana terdapat 15.153 penumpang dan 256 penerbangan, maka terdapat pertumbuhan sebesar 17% untuk jumlah penumpang serta 8% untuk penerbangan rute domestik yang terlayani. (USH)


Manager Hubungan Masyarakat Perum LPPNPI

Yohanes Harry Douglas

Telepon       : 021-5591 5000 Ext. 1130

Fax             : 021-2917 0370

Tentang AirNav Indonesia

Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan AirNav Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan tanggal 13 September 2012. Airnav Indonesia didirikan sesuai amanat UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan bertugas menyediakan pelayanan navigasi penerbangan. AirNav melayani navigasi penerbangan di 285 titik layanan di seluruh Indonesia. Selain itu, AirNav juga melakukan pelayanan navigasi penerbangan di sejumlah ruang udara negara lain. Luas ruang udara Indonesia adalah 1.476.049 NM, sementara AirNav melayani Flight Information Region (FIR) seluas 2.219.629 NM.(bn/69)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *