86 Mahasiswa Akper Yakpermas Diwisuda

PURWOKERTO – Sebanyak 86 mahasiswa Akademi Keperawatan Yakpermas Banyumas, Kamis (5/9) ini diwisuda di Hotel Java Heritage Purwokerto. Mereka telah telah menyelesaikan seluruh rangkaian proses pembelajaran, sehingga berhak menyandang gelar Ahli Madya.

Direktur Akademi Yakpermas Banyumas, Ns. Roni Purnomo MKep menjelaskan, sampai saat ini Akper Yakpermas telah meluluskan sebanyak 2.258 orang.

Sebagian besar para alumni telah bekerja dan tersebar di berbagai wilayah Jawa maupun luar Jawa pada instansi pemerintah maupun swasta di rumah sakit, baik yang bertaraf nasional maupun internasional, serta sebagian bekerja di luar negeri.

Dalam acara wisuda XXVIII Diploma III Keperawatan Akper Yakpermas ini, tercatat ada tiga wisudawan/wisudawati yang berprestasi dengan memeroleh indeks prestasi cumlaude (dengan pujian).

Mereka adalah Selviana dengan IPK 3,73, Sri Rahayu 3,72 dan Apriliani dengan IPK 3,72. ”Kami mengucapkan selamat dan penghargaan yang tinggi kepada wisudawan/wisudawati berprestasi tahun akademik 2018/2019 yang telah memeroleh indeks prestasi cumlaude,” ungkapnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, dalam bidang pendidikan/pengajaran, Akper Yakpermas yang sudah berusia 28 tahun ini telah mengimplementasikan kurikulum perguruan tinggi mulai tahun akademik 2015/2016 yang mengacu pada pencapaian pembelajaran (learning outcome).

Menurutnya, untuk menghadapi MEA sangat penting mempersiapkan mahasiswa dengan tambahan keahlian di luar disiplin ilmu yang telah ditekuni.

Oleh karena itu, pendidikan tinggi harus mempersiapkan keahlian tertentu bagi mahasiswa, di antaranya leadership, digital literacy, communication skill, emotional intelligence, entrepreneurship, global citizenship, problem solving dan team working.

Pihaknya telah menambahkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa, menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler guna menyalurkan minat dan bakat mahasiswa, baik dalam kegiatan ilmiah, seni dan olahraga.

”Dalam rangka membekali mahasiswa agar mampu bersaing di dunia kerja, kami membekali mereka dengan beberapa sertifikat pendukung, di antaranya sertifikat BTCLS (Basic Trauma Cardiac Life Suport), sertifikat Toefl, sertifikat komputer dan sertifikat pelatihan keperawatan luka sebagai program unggulan kami,” jelas dia.

Selain itu, lanjut Roni, Akper Yakpermas juga telah menjalin kerja sama dengan BNP2TKI Jakarta dan BP3TKI Provinsi Jateng untuk penyaluran tenaga kerja ke luar negeri. ”Kami juga menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan dan sejumlah rumah sakit, baik rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta di wilayah Jateng,” terangnya.

Sementara dalam mencapai mutu lulusan, lembaganya selalu berupaya menambah pengetahuan kepada tenaga pendidik dan kependidikan, antara lain dengan mengikuti pelatihan dan mengirimkan tugas belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, serta terus menambah fasilitas pendidikan baik berupa alat-alat laboratorium, buku perpustakaan maupun fasilitas penunjang yang lain.

Akper Yakpermas yang telah terakreditasi B ini juga mengusahakan berbagai macam beasiswa bagi para mahasiswa, seperti beasiswa dari yayasan, Kopertis, dan Dinas Pendidikan. Bahkan 2015 lalu, lembaganya mendapatkan hibah PP-PTS berupa peralatan komputer dan peralatan laboratorium. Kemudian pada 2016 kembali menerima hibah PP-PTS berupa peralatan laboratorium bhasa berbasis multimedia dari Kemenristek Dikti.(H48-20)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *