6 Tips Tingkatkan Imunitas si Buah Hati.

Cegah COVID-19.

Jakarta, Suaramerdeka.News
Merebaknya pandemi virus corona (Covid-19), turut menimbulkan kekuatiran bagi para orangtua terhadap kesehatan dan keselamatan si buah hati.

Menurut C. Ermayani Putriyanti, A.M.Kes, dosen Konsentrasi Kesehatan Ibu Anak Akademi Perawat (Akper) Ngesti Waluyo‎, Parakan, Temanggung, menjaga imunitas atau kekebalan tubuh pada anak, sangat diperlukan dalam menghadapi penyebaran virus corona.

Terkait hal itu, dia memberikan 6 tips untuk meningkatkan imunitas buah hati agar tetap sehat. Berikut penjelasannya;

  1. Jauhkan Anak dari Keramaian

Social distancing yang digencarkan oleh pemerintah merupakan langkah yang tepat dalam pengendalian infeksi Covid – 19. Pasalnya, setiap orang beresiko untuk tertular maupun menularkan virus ini kepada orang lain.

“Oleh karena itu, jauhkan buah hati dari keramaian. Tinggal di rumah, adalah langkah yang paling tepat. Apalagi bayi dan balita memiliki imunitas yang masih sangat rendah,” katanya.

Demikian juga, ketika ada anggota keluarga yang sakit, jauhkan anak dari anggota keluarga yang sakit.

2. Kenalkan Anak tentang Virus Corona (Covid -19)

Jelaskan apa itu virus corona dengan menggunakan bahasa sederhana, sesuai usia buah hati Anda. Orangtua dapat menggunakan media yang mudah dipahami oleh buah hati.

“Dengan anak mengetahui apa itu virus corona, anak akan belajar melindungi dirinya sendiri,” katanya.

Misalnya, seperti mengapa anak harus tinggal di rumah, menjauhi keramaian, rajin mencuci tangan, menjaga kesehatan dengan sering minum, banyak mengkonsumsi sayur buah, dan cukup istirahat.

3. Hindari Stres

Dampak social distancing jangka panjang akibat wabah Covid – 19, menimbulkan perasaan jengkel bagi anak.

Hal itu, disebabkan anak tidak dapat beraktivitas di luar rumah. Stres psikologis dalam waktu lama, dapat meningkatkan hormon stres atau kortisol yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh anak.

“Kreatifitas orangtua sangat dibutuhkan saat kondisi saat ini yang tidak kondusif, dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta sering mengajak anak bermain,” ujar Ermayani.

Dia menambahkan, suasana bahagia dapat merangsang hormon endorfin yang dapat meningkatkan imunitas anak.

4. Perbanyak Makan Sayur dan Buah dan Makanan Bergizi.

Virus corona dapat menyerang seseorang dengan kondisi daya tahan tubuh yang rendah. Sayur dan buah, adalah bahan makanan yang sangat kaya sumber vitamin.

Ada 3 unsur vitamin yang sangat berperan dalam meningkatkan imunitas buah hati dan keluarga antara lain; vitamin C yang banyak terdapat pada jambu biji merah, kiwi, pepaya, stroberi, jeruk, kubis, brokoli, kembang kol dan labu kuning.

Untuk sumber vitamin B 6, banyak terdapat pada ayam dan ikan (salmon dan tuna). ‎Sedangkan sumber vitamin E, banyak terdapat pada bayam, alpukat, tomat dan biji-bijian.

“Ketiga sumber vitamin itu, kaya akan antioksidan yang berperan dalam menangkap radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh,” ujar Ermayani.

5. Sering Minum Air Putih

Orangtua perlu menjelaskan pada anak, mengapa dia harus sering dan banyak minum air putih. Karena, air berperan dalam menjaga kelembaban mukosa mulut.

“Mulut yang kering sangat mudah mengalami infeksi pada rongga mulut. Selain itu, air berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh agar metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik dan dapat membuang racun dan zat-zat berbahaya bagi tubuh,” ujarnya.

6. Cukup Tidur dan Istirahat

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas buah hati. Selain itu, kurang tidur membuat orang rentan mengalami stres.

“Ketika buah hati kurang tidur dan istirahat, tubuh akan sedikit menghasilkan sel antibody yang sangat berperan dalam menjaga pertahanan tubuh terhadap masuknya benda asing seperti virus dan bakteri,” kata Ermayani.

Dengan tips tersebut, Ermayani berharap para orangtua bisa memberikan yang terbaik untuk menjaga imunitas buah hatinya agar tidak mudah terserang penyakit, terlebih kondisi saat ini yang tidak kondusif akibat merebaknya wabah Covid -19. (benny benke – 69)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *